Ragu Dengan Beritanya? Cara Cek Hoaks Tentang COVID-19

Ragu Dengan Beritanya? Cara Cek Hoaks Tentang COVID-19

Cek Hoaks COVID-19. Seiring berkembangnya teknologi, mendapatkan berita informasi kini sangatlah mudah. Sebagai masyarakat pun kita dapat membuat, membagikan dan menikmati informasi secara cepat dan langsung. Sayangnya dengan banyak informasi yang dapat ditulis oleh siapa pun seperti oleh individu secara independen, menyebabkan kepercayaan dan kualitas suatu berita menurun karena tidak diketahuinya secara jelas.

Terlebih berita mengenai COVID-19 yang sangat banyak. Setiap media secara cepat memproduksi berita dan berlomba-lomba menjadi yang pertama. Selain media, ada beberapa oknum tertentu yang memberikan berita palsu dan bahkan membuat kita dan orang-orang tersayang ketakutan sehingga berujung keenggan untuk divaksin. Maka dari itu, perlunya kita untuk cek berita hoaks tentang COVID-19.

Melansir dari unggahan Instagram @lawancovid19_id, sebelum pengecekkan berita hoaks alangkah baiknya kita mengenali ciri-ciri berita hoaks sebagai berikut:

  1. Informasinya sering membuat diri kita menjadi emosional, marah, benci dan bahkan sakit hati. Tentunya banyak hal negatif yang kita dapatkan dari membaca suatu berita.
  2. Pesan yang disampaikan berantai dan biasanya berakhiran dengan perintah untuk menyebarkan, mengirim ulang atau membagikannya yang secara tidak langsung harus diviralkan.
  3. Tidak menyertakan link sumber atau bukti dari mana informasi tersebut berasal.
  4. Jika memang mencantumkan sumber, cek kembali apakah sumbernya tersebut merujuk pada situs abal-abal yang tidak memiliki info kontak dan redaksi atau memang yang benar terpercaya.
  5. Informasinya yang tercantum tidak logis dan biasanya ada kesalahan pengetikan (typo).

Setelah mengenali beberapa jenis hoaks dan mendapati keraguan ketika membaca suatu berita tentang COVID-19. Selanjutnya kita bisa melakukan pengecekan informasi ini dengan tiga cara yaitu:

  1. Cari dan buktikan hoaks di laman http://s.id/infovaksin
  2. Kirim WhatsApp (WA) ke Chatbot Mafindo: 085921600500
  3. Buka situs turnbackhoax.id, cekfakta.com dan https://komin.fo/inihoaks

Pengecekan berita hoaks ini berlaku juga untuk informasi selain COVID-19. Ayo beritahu orang terdekatmu dan ajak mereka untuk melakukan pengecekkan informasi hoaks tentang COVID-19! Siapa lagi yang akan melindungi orang terdekat jika bukan memulainya dari diri kamu sendiri.

Tags:

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu