Ridwan Kamil Sebut Peletakan Batu Pertama Tol Cigatas Akan Dimulai Awal Februari 2022

Ridwan Kamil Sebut Peletakan Batu Pertama Tol Cigatas Akan Dimulai Awal Februari 2022

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, peletakan batu pertama atau groundbreaking Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) sampai Cilacap akan terlaksana mulai pekan depan atau awal Februari 2022. Hal itu disampaikan Ridwan Kamil seusai meresmikan Tol Cisumdawu Seksi 1 yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan.

"Insya Allah nanti terpanjang di Pulau Jawa, yang menghubungkan Cileunyi, Garut, Tasikmalaya dan Cilacap insya Allah kalau tidak ada halangan. Insya Allah minggu depan groundbreaking," kata Gubernur Jabar Mengutip dari detik.com, Senin (24/1/2022).

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyampaikan, proyek tol Cigatas yang memiliki total panjang 206,65 Km itu akan memiliki 10 simpang susun. Dua di antaranya berada di Garut yakni SS Garut Utara (Banyuresmi) dan Garut Selatan (Sukadana).

Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi mengatakan, proses pembangunan tol Cigatas terbagi menjadi dua tahap. Tahap 1 Gedebage – Tasikmalaya, dan konstruksinya pada tahun 2022 sampai selesai 2024.

Selanjutnya tahap 2 dari ruas Tol Tasikmalaya – Cilacap pada tahun 2027 dengan perkiraan akan rampung pada tahun 2029. Dalam pengerjaanya akan terdapat jeda pengoperasian sekitar 3 tahun.

Nantinya, proyek tol Cigatas yang memiliki nilai investasi sebesar Rp56 triliun itu akan menjadi jalan penghubung wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.