Rileks; Sebuah Cara Mengatasi Insomnia

  • Whatsapp
Ilustrasi Rileks - infogarut
Ilustrasi Rileks (Sumber: viva)

Tidur adalah kebutuhan dasar yang manusia perlukan. Idealnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar tujuh hingga delapan jam per hari. Selain untuk mengisi ulang energi, tidur juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, dan meningkatkan daya pikir.

Kurang tidur dapat menyebabkan stress, mudah marah, kurang fokus, dan mudah lelah. Hanya saja, tidak semua orang dapat tertidur dengan mudah. Bagi sebagian orang, tidur pulas dan berkualitas adalah hal yang sulit untuk didapatkan.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Ada banyak jenis gangguan tidur yang cukup umum dikenal masyarakat, termasuk insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya kesulitan untuk tertidur dalam waktu yang berkelanjutan. Kasus insomnia cukup umum terjadi di masyarakat Indonesia, tercatat ada lebih dari dua juta kasus per tahunnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk beristirahat dan tertidur pulas adalah karena pikiran yang sibuk, kecemasan berlebihan, juga tubuh yang tegang. Maka dari itu, rileks adalah salah satu kunci yang diperlukan agar tidur menjadi lebih berkualitas.

Berikut adalah empat cara relaksasi yang dapat diterapkan untuk mengatasi insomnia :

1. Latihan pernapasan (breathing exercises)
Latihan pernapasan atau breathing exercises dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan. Melakukan deep breathing (bernapas yang dalam), dan long breathing (bernapas yang panjang) selama dua puluh hingga tiga puluh menit sebelum tidur dapat menimbulkan perasaan rileks sehingga Anda lebih mudah untuk tertidur.

2. Mendengarkan musik atau ASMR
Beberapa studi menunjukkan jika musik dapat mengurangi stress dan gangguan kecemasan. Oleh karena itu, musik cukup ampuh untuk mengatasi insomnia. Anda bisa memulai dengan membuat playlist yang berisi lagu-lagu favorit, dan menyetelnya dengan volume kecil sebelum tidur. Mendengarkan ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) juga dapat memberikan efek relaksasi yang serupa.

3. Meditasi dengan lilin aromaterapi (scented candle)
Meditasi adalah sebuah proses merenungkan diri sebagai upaya untuk melepaskan pikiran-pikiran yang membebani. Melakukan meditasi dengan lilin aromaterapi dipercayadapat membantu tubuh dan pikiran untuk merasa rileks sehingga dapat membuat tidur jauh lebih berkualitas. Anda bisa menyalakan lilin sekitar satu jam, dan mematikannya sebelum pergi tidur.

4. Olahraga teratur
Olahraga adalah salah satu cara untuk mengurangi stress dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika sebelumnya Anda jarang atau tidak pernah berolahraga, bisa dimulai dengan berjalan kaki atau bersepeda selama tiga puluh menit hingga satu jam setiap harinya. Jangan lupa untuk minum air putih, juga mengurangi konsumsi soda, gula, dan kafein.

Itulah empat cara relaksasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia. Semoga tidur Anda bisa menjadi lebih berkualitas!

 

Penulis : Silvi Ramliani

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *