Sampurasun Dance Tampil Menyambut Tamu Undangan Hari Jadi Garut Ke-210


[Penampilan Sampurasun Dance saat tampil menyambut tamu undangan di Hari Jadi Garut Ke-210/Sumber: Diskominfo]

Tarian Sampurasun Dance dari Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Garut, tampil saat menyambut tamu undangan pada Hari Jadi Garut (HJG) ke-210, Kamis (16/2/2023).

Pada momen tersebut, Tarian Sampurasun Dance tampil memukau di hadapan bupati, Forkopimda dan undangan lainnya menjelang Upacara Peringatan HJG di halaman Alun-Alun Garut.

Pelatih Sampurasun Dance, Kiki Syarif, sekaligus Veteran Moka Kabupaten Garut tahun 2007 menerangkan bahwa persiapan yang dilakukan cenderung singkat hanya dua sampai tiga kali saja.

“Jadi ketika sampurasun dance ini ditampilkan lagi untuk pembukaan upacara Hari Jadi Garut jadi anak anak tinggal latihan sekitar 1 sampai 2 kali saja, hanya untuk plotingan tempat saja, karena waktu itu kan di panggung kalau sekarang di depan Babancong,”" kata Kiki Syarif.

Adapun penari Sampurasun Dance ini, merupakan mojang jajaka pinilih yang sebelumnya telah lolos audisi dan mengikuti final Pasanggiri.

Namun Mojang Jajaka yang lolo pasanggiri tersebut, kemudian dipilih lagi sebanyak 30 orang atau 15 pasang saja yang tampil pada acara peringatan HJG kali ini.

Kemudian Kiki menambahkan bahwa tarian ini, memiliki makna mempersilahkan para tamu undangan duduk manis menikmati seluruh rangkaian acara.

“Maknanya adalah ketika tarian ini diatraksikan atau dipertontonkan kepada tamu ini seperti ajakan kepada tamu–tamu undangan untuk menikmati acara hingga selesai, jadi seperti mempersilahkan untuk tamu–tamu, untuk duduk untuk menikmati acara,” pungkasnya.***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Salma Nasya Ardhita
  • 08, Jul 2024
Asal Usul Jalan Baru Letjen Ibrahim Adjie Garut
  • Oleh Infogarut
  • 13, Jul 2024
Keseruan Garut Children Festival 2024