Serba-Serbi Lobster Pantai Pameungpeuk Garut Selatan


Selain terkenal dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata, Pantai Pameumpeuk Garut selatan memiliki potensi yang luar biasa sebagai daerah penghasil lobster ternama di Garut Selatan.

Di selatan Garut, hampir semua wilayah perairan pantainya memiliki karang-karang yang merupakan tempat berkembang biaknya lobster.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis lobster unggulan dari Pantai Pameungpeuk Garut Selatan.

 

Panulirus Homarus

Panulirus Homarus.jpg

Foto: wikipedia.com

Secara istilah P. homarus memiliki permukaan bagian atas ruas abdomen dengan alur melintang berbentuk lurus dan bagian tepi bergerigi. Permukaan bagian atas ruas abdomen ini tidak berambut, kecuali pada alur melintang, tepi belakang ebdomen dan lekuk yang berada di bagian sisi.

Lobster ini memiliki warna dasar kehijauan atau kecoklatan dengan bintik-bintik terang tersebar di permukaan segmen abdomen.

Di Pantai Pameungpeuk, lobster ini bisa ditemui di perairan terumbu karang hingga kedalaman beberapa meter, dan terlindung di antara batu-batu karang serta jarang hidup berkelompok.

 

Panulirus Longipes 

Panulirus longipes - Coral Spiny Lobster | ReefLifeSurvey.com

Foto: reeflifesurvey.com

Longipes memiliki ciri-ciri bagian permukaan ruas abdomen tidak berambut, hanya terdapat bulu-bulu keras tersebar dimana-mana dan tidak rapat. Loster ini berwarna cokelat dengan sedikit kebiruan pada ruas pertama antenna.

Lobster ini memiliki abdomen dengan bintik-bintik warna putih, dengan kaki jalan berbintik-bintik dan warna pucat memanjang di setiap ruas kaki.

Di Pantai Pameungpeuk, tempat hidup lobster ini sangat terlindungi. Ia terbiasa tinggal di dalam lubang batu karang dan akan naik ke permukaan untuk mencari makan pada malam hari.

 

Panulirus Versicolor

800px-Panulirus_versicolor.jpg

Foto: Shutter Stock

 

P. versicolor sangat berwarna warni dan indah, antenna bagian dasar dan bagian sisi karapas berwarna merah jambu.  Sedangkan warna dasar udang ini adalah kebiruan atau keunguan.

Permukaan bagian atas ruas abdomen tidak mempunyai alur melintang dan rambut, kecuali pada bagian tepi belakang dan lekuk yang terdapat pada bagian sebelah sisi.

Bagian belakang lobster ini terdapat garis melintang yang bergerak dari tepi sebelah kiri ke tepi sebelah kanan. Jenis ini hidup di perairan terumbu karang hingga kedalaman 40 meter, terlindungi oleh bebatuan.

Di Pantai Pameungpeuk, lobster ini seringkali ditangkap dengan menggunakan jaring yang dipasang di tubir.

Nah, itu dia nama-nama lobster unggulan di Pameungpeuk. Bagaimana Warginet, tertarik untuk mencoba?

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka