Tentang Logo Kabupaten Garut


Setiap daerah di Indonesia, baik itu kabupaten, kota hingga provinsi memiliki lambang atau logo daerah yang bisa digunakan sebagai identitas suatu daerah. Setiap logo biasanya memiliki ciri khas dan karakternya masing-masin yang melambangkan daerah tersebut. Tahukah para warginet mengenai sejarah lambang Kabupaten Garut?

Logo daerah yang digunakan oleh Kabupaten Garut ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 1981 tentang lambang daerah. Logo Garut yang dipakai hingga saat ini diciptakan di masa kepemimpinan Bupati Garut yang ke-18 yakni Iman Sulaeman. Logo Kabupaten Garut ini disahkan oleh Mendagri RI tahun 1982.

Menurut Mochamad Satria yang merupakan pemerhati sejarah Garut mengatakan bahwa lambang Kabupate Garut sudah ada dan sudah dipakai sejak tahun 1961. Namun, terdapat beberapa perubahan sehingga logo tersebut kemudian baru disahkan pada tahun 1981 yang terus digunakan hingga saat ini. Perbedaan logo sebelum tahun 1981 dengan logo yang sekarang hanya terdapat di warna bintang saja.

Logo tahun 1981 memiliki bintang berwarna merah dan menjadi kuning emas. Warna bintang tersebut diubah karena adanya penyesuaian terhadap perkembangan situasi di Garut. Karena warna bintang berubah, maka latar belakang logo tersebut berubah menjadi biru langit agar sesuai dengan warna bintang emas tersebut.

Terdapat tiga unsur yang membangun logo Garut yakni perisai, unsur alam dan pita dengan tulisan semboyan Garut Tata Tengtrem Kerta Raharja. Selai itu, di dalam logo Kabupaten Garut terdapat jeruk Garut yang memberikan identitas khas Garut.

 

 

 

 

 

Sumber : Garutkab.go.id


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka