Tepung Garut, Bahan Pengental Makanan Asal Garut

Tepung Garut, Bahan Pengental Makanan Asal Garut

Siapa yang tak kenal dengan tepung maizena, tepung yang biasa digunakan untuk mengentalkan masakan. Namun, ternyata selain tepung maizena, ada juga loh bahan lain yang memiliki fungsi yang sama. 

Tepung Garut terbuat dari umbi garut memiliki tampilan berwarna putih tanpa rasa yang banyak digunakan sebagai bahan pengental masakan. Tepung garut tidak memiliki rasa, sehingga dengan menambahkan tepung ini ke dalam masakan dan tidak akan mengubah cita rasa dari masakan tersebut. 

Tepung garut juga biasanya digunakan sebagai bahan utama makanan penutup seperti bubur pati garut. Tepung garut bisa digunakan untuk mengganti tepung maizena. Dalam penggunaannya, kamu cukup menggunkan setengah takaran dari yang dibutuhkan dalam resep masakan. Tepung garut termasuk dalam jenis tepung bebas gluten. 

Tepung garut juga bisa digunakan untuk membuat jelly menjadi mengilap. Kamu bisa menambahkan tepung garut ke bubuk jelly sebelum menambahkan potongan buah agar lebih mengilap. Tepung garut juga bisa ditambahkan ke dalam tepung lapisan kentang goreng sehingga menjadi lebih renyah tahan lama. 

 

Sumber : kompas.com

 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.