Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Waktu mudik semakin dekat dan transportasi umum merupakan salah satu alternatif yang dipilih oleh masyarakat untuk melaksanakan mudik. Di tahun 2023 diperkirakan terdapat 51.76 juta moda transportasi umum yang terdiri dari bus, kereta api, angkutan penyebrangan, pesawat terbang dan angkutan laut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mudik dengan menggunakan transportasi umuum.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah perhatikan logo resmi karena para pengemudi transportasi umum yang resmi akan menunjukkan tanda atau logo tertentu sebagai bukti bahwa mereka adalah angkutan resmi, hindari transportasi umum yang tidak memiliki logo resmi demi keamanan.

Berikut tips mudik menggunakan transportasi umum agar mudik para warginet aman dan berkesan:

 

  1. Perhatikan tanggal dan jam keberangkatan yang tertera di tiket dan hadirlah di bandara, terminal, stasiun, pelabuah atau titik jemput lainnya maksimal 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tertinggal. 

  2. Tetap waspada karena pada saat ingin menaiki kendaraan umum para warginet pasti akan pergi ke terminal, stasiun, pelabuhan ataupun bandara yang dimana di masa mudik tempat-tempat tersebut ramai. Tetap waspada dengan keadaan sekitar, perhatikan dan jagalah barang bawaan pribadi.

  3. Bawa barang seperlunya karena transportasi umum merupakan fasilitas bersama dan umum sehingga terdapat keterbatasan ruang. Selain itu, jangan bawa barang-barang berharga seperti perhiasan demi keamanan. Barang bawaan pribadi ini terdiri dari barang-barang kebutuhan primer dan juga obat-obatan pribadi.

  4. Bawa perbekalan yang cukup dan juga membawa uang tunai secukupnya sehingga dapat menekan jumlah pengeluaran saat mudik.

  5. Mengenakan pakaian yang aman, nyaman dan sopan. Ketika perjalanan mudik tentu saja kita ingin merasa nyaman, salah satu usaha untuk membuat perjalanan para wargi merasa nyaman adalah dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Perhatikan juga jenis pakaian yang akan para warginet pilih dan sesuai dengan moda transportasi mudik yang dipilih oleh para warginet. Pilihlan pakaian yang sejuk dan menyerapk keringat.

  6. Taati aturan yang berlaku, setiap moda transportasi memiliki peraturannya masing-masing. Aturan diciptakan untuk menjaga ketertiban dan keamanan para penumpang, jadi patuhilah aturan dengan baik.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.