TIPS PENDAKIAN BAGI PEMULA AGAR TIDAK CEPAT LELAH

ilustrasi mendaki gunung / foto : highlandadventure.co.id

Bagi pecinta alam mendaki gunung adalah hal yang sangat menyenangkan. Mendaki gunung merupakan sebuah hobi yang asik dan seru bagi penikmat alam. Tetapi mendaki gunung ternyata tidak semudah yang terbayang, perlu usaha keras dan fisik yang kuat agar tidak turun di pertengahan jalan. Bagi pendaki pemula tidak usah khawatir.  Garut sendiri mempunyai banyak gunung yang bisa menjadi daftar tujuan bagi pendaki pemula. Lalu hal apa saja si yang perlu pendaki pemula perhatikan agar mempermudah kegiatan outdoor tersebut?  Seorang ketua mahasiswa pecinta alam di Universitas Garut, Angga Pradona membagikan tips pendakian dan langkah persiapan bagi pemula agar tidak cepat lelah saat mendaki nih.

Langkah Persiapan

Persiapan untuk pendaki pemula antara lain persiapan fisik, mental , peralatan dan perbekalan. Persiapan fisik berupa latihan ringan seperti joging atau fitness 10 menit perhari sebelum keberangkatan, jangan sampai tubuh kita syok dengan beratnya pendakian hingga mengakibatkan hal-hal yang tidak kita kehendaki. Nah berikut adalah peralatan dan perbekalan yang harus kita siapkan saat hendak berkemah di gunung :

Bacaan Lainnya
banner 728x250
  • Peralatan kemah yakni tenda .
  • Perlatan pendakian meliputi jaket polar atau jaket apapun hindari menggunakan jaket berbahan jeans. Karena jika basah akan lama kering. Penutup kepala seperti kupluk, sarung tangan, kaos kaki tebal, sepatu, celana yang hangat dan kuat. Lagi-lagi hindari menggunakan celana berbahan jeans. Selain itu siapkan juga baju ganti sesuaikan dengan lama waktu berkemah.
  • Peralatan perapian, tidak perlu membawa kayu bakar dari rumah juga karena biasanya di gunung juga terdapat kayu yang bisa kita pakai hanya saja alat pemantik api yang perlu kita bawa.
  • Peralatan tidur yang tidak boleh tertinggal seperti sleeping bag (jika tidak punya bawa selimbut) dan matras, peralatan ini wajib pendaki pemula bawa agar saat tidur kondisi tubuh hangat, hal ini dapat menghindari resiko terkena
  • Perlatan pencahayaan seperti lampu senter atau obor.
  • Peralatan penunjang perbekalan seperti alat-alat masak (kompor portable, panci kecil, misting, cangkir, pisau).
  • Perbekalan disesuaikan dengan kondisi, disarankan untuk membawa makanan instan dan jangan terlalu banyak membawa camilan yang bisa menghabiskan banyak ruang ditas, bawalah makanan berkalori tinggi seperti coklat batang, roti tawar atau roti gandum.

Tips Pendakian

Bagi pemula pasti merasakan beratnya melangkahkan kaki setapak menanjak. Apalagi jika jarang atau tidak pernah melakukan latihan fisik. Oleh karena itu latihan fisik sebelum mendaki sangat dianjurkan.

“Kalo biar gak terlalu capek sih itu tergantung kondisi fisiknya juga, makanya harus sering latihan fisik sebelum naik tapi kalo trik khusus saat mendaki itu ada di pernapasan, jadi si pernapasannya diatur sedemikian rupa……,” terang Angga.

Pernapasan dilakukan dengan bernapas sambil mengiringi langkah kaki. Saat kaki kiri melangkah ambil nafas secukupnya dan saat kaki kanan melangkah hembuskan nafas. Juga ambil nafas panjang setelah beberapa langkah agar kita tidak mudah terengah-engah. Saat melangkah usahakan lebar jarak selalu stabil, jangan terlalu lebar karena akan membutuhkan tenaga yang ekstra, berjalan dengan lebar dan tempo yang pas juga tidak tergesa-gesa. Hal itu agar pendaki pemula tidak cepat kehausan.

“Jangan boros minum harusnya tiap istirahat pas mau minum itu ditakar satu tutup tumbler, atau bisa juga sambil mengemut permen saat berjalan untuk mengakali yang cepat kehausan,” Angga memberikan tips lainnya.

Kita juga perlu menyediakan air minum secukupnya. Menyesuaikan dengan kondisi gunung yang akan kita pijaki. Jika terdapat banyak mata air di gunung tersebut misalnya Gunung Guntur yang menyediakan saluran keran di beberapa pos dari mata air langsung kita tidak perlu membawa air terlalu banyak. Maka dari itu alangkah lebih baik jika kita  mengenali kondisi gunung sebelum mendaki.

Jasa Porter Atau Pemandu Di Gunung

Untuk orang yang pertama kali melakukan kemah di gunung pasti merasakan takut atau kekhawatiran. Pendakian yang dilakukan bersama teman akan mengurangi rasa was-was apalagi jika mendaki disertai seorang ahli. Alangkah baiknya tidak melakukan single travel untuk pertama kali karena minimnya pengalaman dapat membahayakan keselamatan kita sendiri. Adapun mental seorang pendaki akan terbentuk sesuai dengan jam terbang masing-masing.

Pendaki pemula yang masih bingung mencari teman pendaki ahli, tidak usah khawatir. Kita bisa menyewa jasa porter. Beberapa gunung yang populer di Garut seperti Gunung Guntur, Cikuray dan Papandayan sudah banyak menyediakan jasa porter. Hanya saja kita perlu menyiapkan budget yang lebih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *