Tujuh Langkah Kecil untuk Selamatkan Bumi

  • Whatsapp
Ilustrasi Perlindungan Bumi (Foto : Glean)
Ilustrasi Perlindungan Bumi (Foto : Glean)

Bumi merupakan komponen penting dalam kehidupan yang perlu kita jaga kelestariannya. Sayangnya, beberapa dekade terakhir, kondisi bumi semakin memprihatinkan. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang tidak ramah lingkungan. Lalu, apa yang bisa lakukan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan yang lebih parah? Berikut adalah tujuh langkah kecil untuk selamatkan bumi yang bisa kita terapkan mulai hari ini.

1. Kurangi penggunaan plastik

Plastik merupakan masalah lingkungan yang hingga saat ini belum terselesaikan. Eksistensinya dalam kehidupan sehari-hari hampir selalu ada. Padahal, sampah plastik merupakan limbah yang sulit terurai. Selama beberapa tahun terakhir, kampanye mengenai pengurangan kantong plastik mulai digalakkan. Kita bisa mulai dengan menolak penggunaan kantong plastik atau membawa tas belanja sendiri ketika sedang berbelanja.

2. Pakai listrik seperlunya

Siapa sangka jika menggunakan listrik seperlunya, selain bisa menghemat pengeluaran, juga bisa menyelamatkan bumi. Gerakan sederhana seperti mematikan lampu ketika tidak perlu, mematikan televisi ketika tidak ditonton, atau mencabut charger ketika tidak dipakai bisa kita terapkan mulai sekarang.

3. Buang sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya bisa mengurangi pencemaran lingkungan, lho. Selain itu, pergerakan ini juga bisa mencegah banjir dan beberapa bencana alam lain. Jangan lupa untuk memisahkan sampah ketika membuangnya. Ini untuk memudahkan proses daur ulang.

4. Gunakan air sewajarnya

Air merupakan sumber kehidupan. Tanpa air, hidup kita akan kesulitan. Maka dari itu, pergunakanlah air secara bijak. Jangan membuang-buang air untuk hal yang tidak perlu. Cara yang paling sederhana adalah dengan mematikan keran ketika tampungan air penuh dan ketika menggosok gigi atau menyabuni tangan.

5. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi

Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi bisa mengurangi polusi. Sebagai gantinya, kita bisa bepergian jarak dekat dengan menggunakan sepeda. Selain mengurangi emisi karbon, penggunaan sepeda juga baik untuk kesehatan. Alternatif lainnya adalah bepergian dengan menggunakan kendaraan umum.

6. Kurangi menggunakan pakaian fast fashion

Fast fashion merupakan industri yang menjadi penghasil sampah tekstil terbesar di dunia. Seperti namanya, fast fashion merupakan industri fashion dengan proses yang lebih cepat. Biasanya produk ini menggunakan bahan baku yang berkualitas rendah, serta dijual dengan harga yang murah. Namun tentu saja, produk tersebut tidak bertahan lama sehingga akhirnya menjadi limbah. Sebagai alternatif, pilihlah fashion yang zero waste. Dengan mengurangi penggunaan produk fast fashion kita bisa membantu menyelamatkan bumi, lho.

7. Biasakan membawa botol minum sendiri

Air minum merupakan hal penting yang perlu kita bawa ketika bepergian ke luar rumah. Maka dari itu, biasakan untuk membawa botol air sendiri. Selain untuk menghemat pengeluaran agar tidak membeli botol air mineral kemasan, kita juga bisa berpartisipasi mengurangi sampah botol air mineral.

Itulah tujuh langkah kecil untuk selamatkan bumi. Ayo kita terapkan mulai dari hari ini!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *