Wisata Kawah Darajat


Kawah Darajat terletak di Pegunungan Papandayan yang berada di Desa Padawaas, Kecataman Pasirwangi , Garut. Kawah Darajat ini berada di atas ketinggian yakni 1920 mdpl. Karena letaknya yang begitu tinggi maka kontur wilayahnya merupakan wilayah berbukit dan memiliki lembah. Kemiringan lahan di kawasan Kawah Darajat juga sangatlah curam.

Kawah Darajat juga merupakan sumber mata air panas bagi wisata air Darajat. Mata air panas yang ada di Kawah Darajat ini berasal dari panas bumi Gunung Papandayan, air panas ini suhunya bisa mencapai 450 derajat celsius. Panasnya air yang berada di Kawah Derajat ini termasuk ke dalam kategori yang berbahaya sehingga jika para warginet ynag ingin berkunjung ke Kawah Darajat harus ekstra hati-hati.

Sumber mata air panas ini menghasilkan air yang mengandung beleran sehingga dapat dijadikan sebagai sarana terapi untuk penyakit kulit. Selain tempat wisata, Kawah Darajat juga dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Kawah Darajat ini berdekatan dengan Kawah Kamojang yang berada di Kabupaten Bandung. Saat ini Kawah Darajat dikelola oleh Amoseas Indonesia, PT. Pertamina dan PT. PLN.

Energi listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Darajat ini sangatlah besar sehingga dapat memasok kebutuhan listrik Pulau Jawa dan Bali. Kawasan Kawah Darajat saat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan yang pergi ke Garut. Di hari libur besar Kawasan Darajat selalu dipadati oleh para wisatawan dan sering terjadi kemacetan di sana.



Sumber : Disparbud Kabupaten Garut


0 Komentar :

    Belum ada komentar.