2024 Tahun Demokrasi : 50 Negara di Seluruh Dunia Akan Melaksanakan Pemilu


Tahun 2024 di Indonesia akan menjadi tahun yang berkesan karena pada tahun ini akan dilaksanakan pemilu presiden yang menjadi pesta demokrasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun,tahukah para wargine bahwa tidak hanya negara Indonesia saja yang melaksanakan pemilihan umum. Ada 50 negara di seluruh dunia yang juga akan melaksanakan pemilihan umum.

Beberapa negara yang akan melaksanakan pemilu diantaranya merupakan 10 negara yang menduduki posisi sebagai negara dengan penduduk terbarnyaka di dunia seperti Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Taiwan , Afrika Selatan, Mexico, Amerika Serikat, Ghana hingga Uni Eropa yang setiap lima tahun sekali memilih representatif dari setiap negara untuk mewakili negara mereka di Parlemen Eropa.

Pemilihan umum dilaksanakan oleh negara demokrasi yang menjalankan nilai dari rakyat, untuk rakyat, kepada rakyat sehingga pemilihan representatif hingga kepala negara dipilih langsung oleh rakyat. Meskipun begitu, pemilu tidak hanya dilaksanakan oleh negara yang menganut demokrasi saja tetapi juga oleh negara non-demokratis.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Open Society Foundations di tahun 2023 di mana melibatkan 36000 responden dari 30 negara menunjukkan bahwa 80 persen responden mengatakan bahwa mereka ingin hidup di negara yang dijalankan secara demokrasi.

Pemilu yang dilaksanakan di 10 negara ini dapat membentuk pandangan baru terhadap demokrasi di seluruh dunia, sehingga pemilu tahun 2024 ini bisa dikatakan sebagai masa depan demokrasi dunia. Bagaimana, para warginet sudah siap menjadi bagian pesta demokrasi besar dunia?


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 23, Apr 2024
Tahapan Pilkada Kabupaten Garut 2024