Amalan-Amalan yang Sebaiknya Dilakukan di Malam Lailatul Qadar


Di 10 hari terakhir bulan Ramadan, terdapat satu malam yang disebut Malam Lailatul Qadar atau malam yang paling mulia dan lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu, seluruh malaikat turun ke bumi untuk memberikan kabar bahagia bagi mereka yang mengimani Ramadan dengan suka cita.

Nah, berikut ini adalah amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan untuk menjemput Malam Lailatul Qadar.

-  Melakukan Shalat Malam


Amalan pertama yang dianjurkan dalam menyambut malam Lailatul Qadar adalah melaksanakan ibadah shalat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

"Barang siapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan penuh iman dan muhasabah, dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Ahmad/Tabrani)

- Memperbanyak Bershalawat


Shalawat merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan luar biasa. Disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW akan memberikan syafaat paling banyak kepada orang yang bershalawat padanya.

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: "Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR. Tirmidzi)


- Menghidupkan Itikaf di Masjid


Perintah itikaf disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 125 sebagai berikut:

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

Artinya:" Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian makam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku dan yang sujud."


-  Memperbanyak Dzikir dan Bertaubat


Rabi' Abdur Rauf Az-Zawawi dalam bukunya Al-Baqiyatus Shalihat mengatakan Dzikir merupakan salah satu amalan abadi. Orang-orang yang berdzikir adalah orang yang dibanggakan oleh Allah SWT di hadapan para malaikat.

- Memperbanyak Sedekah


Sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, sedekah memiliki banyak keutamaan. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim)


0 Komentar :

    Belum ada komentar.