Aplikasi Gentra Karya Diharap Permudah Warga Garut Cari Lowongan Kerja

Aplikasi Gentra Karya Diharap Permudah Warga Garut Cari Lowongan Kerja
Tangkapan layar aplikasi website Gentra Karya.

Bupati Garut Rudy Gunawan meluncurkan aplikasi Gentra Karya alias Gerakan Tenaga Kerja Berkarya. Aplikasi ini merupakan sebuah inisiasi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Dengan launchingnya aplikasi Gentra Karya diharapkan bisa memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan. Bertepatan dengan launchingnya aplikasi Gentra Karya, dilaksanakan juga Mini Job Fair dimana perusahaan yang mendaftar di aplikasi Gentra Karya tidak hanya tersedia secara online, melainkan juga offline saat Mini Job Fair tersebut.

Kegiatan Mini Job Fair kali ini dihadiri oleh 10 perusahaan di Garut, yaitu PT Mayora Indah TBK, PKSS HR Solution Partner, Leuwi Asri, PNM, Sabda Alam, Kampung Sampireun, Hotel Santika, Wom Finance, PT Pratama, dan Fave Hotel. Peserta yang hadir sekitar 524 peserta pencari kerja. Dalam wawancaranya, Rudy mengatakan bahwa acara job fair ini menjadi sebuah sarana bagi Garut dan akan menjadi kegiatan rutin. 

“Kita (Garut) sekarang daerah industri. Kita gencar untuk melakukan kegiatan-kegiatan job fair. Job fair ini menjadi sarana. Kita akan lakukan job fair itu 2 bulan sekali di Pendopo.” ucap Rudy saat launching aplikasi Gentra Karya di Ballroom Kassiti Fave Hotel Garut, Kamis (29/12/2022).

Aplikasi Gentra Karya juga sudah terdapat beberapa informasi seperti lowongan pekerjaan, pelatihan, pemagangan, dan sertifikasi. Harapannya dengan launching aplikasi ini bisa membantu menurunkan tingkat pengangguran. Aplikasi Gentra Karya sudah terintegrasi dengan kementrian sehingga lowongan pekerjaan bukan hanya tersedia di Garut, tetapi bisa melihat ke seluruh daerah bahkan luar negeri. 

Bupati mengungkapkan setiap tahun terdapat 40 ribu orang lulus Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Garut, dan yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sekitar 5.200 orang, dan ke perguruan tinggi di luar Garut sekitar 10 ribu orang, sisanya bisa jadi berwirausaha atau belum mendapatkan pekerjaan.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Garut, Erna Sugiarti menyebutkan, dalam acara Mini Job Fair kemarin berhasil menyerap seribuan orang tenaga kerja.

“Untuk saat ini sudah 16 ribuan (pencari kerja), alhamdulillah hari ini seribu kita penyerapan untuk tenaga kerja, untuk hari ini saja, belum bulan-bulan yang lalu,” katanya.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.