BRI Berdayakan UMKM Indonesia, Berikut Tujuannya!

BRI Berdayakan UMKM Indonesia, Berikut Tujuannya!

“UMKM mempunyai peran strategis dalam perekonomian nasional, terbukti dengan banyaknya unit usaha, kemampuan menyerap lapangan kerja yang tinggi, dan kontribusi yang signifikan terhadap PDB”. Oleh karena itu, lanjutnya, diperlukan dukungan semua pihak untuk meningkatkan pengembangan UMKM yang berperan strategis dalam perekonomian untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif.

“Salah satu upaya penguatan UMKM adalah dengan memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan ketahanan dan kapasitas produksi serta inovasi,” jelasnya. Menurut Natalia, sejak pandemi Covid-19, para pelaku UMKM mulai beradaptasi dengan perubahan pasar dan menunjukkan kepedulian terhadap penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, marketplace, dan lain-lain untuk  meningkatkan penjualannya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kemampuan UMKM yang berjualan online bertahan di masa pandemi  lebih kuat dibandingkan UMKM yang hanya berjualan offline. Namun saat ini mayoritas UMKM masih menjalankan usaha yang tergolong tradisional, dimana  UMKM masih didominasi oleh generasi yang melek digital, jelasnya, masih tergolong rendah. Dalam program ini, para pelaku UMKM  terpilih akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan lanjutan di bidang bisnis dan kewirausahaan.

“Yang namanya kurikulum ini kami modifikasi, dari kurikulum keseluruhan, menjadi khusus untuk Pengusaha Muda,” kata pendiri Young On Top, Billy Boen, dalam acara yang sama. Berkat mentor dan pelatih yang berpengalaman di bidangnya, para pelaku UMKM ini bisa meningkatkan operasionalnya. “Yang penting bagaimana Anda (pelaku UMKM  terpilih) bisa berbisnis secara berkelanjutan,” jelasnya. Sebagai tambahan informasi,  program ini melalui proses seleksi multi-tahap.

Dan hanya UMKM  terpilih  yang dapat mengikuti edukasi dan kegiatan PMB sendiri. Hingga saat ini,  program BRILLIANT Entrepreneur telah diluncurkan untuk ketiga kalinya dan melatih para pelaku UMKM agar semakin profesional di bidangnya.

Sumber : economy.okezone.com - Nasya Emmanuela Lilipaly


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.