Di Forum Side Event G20, Bupati Garut Bahas Peran Perempuan dan Potensi Lokal

Di Forum Side Event G20, Bupati Garut Bahas Peran Perempuan dan Potensi Lokal

Bupati Garut Rudy Gunawan menjadi salah satu pembicara Post Summit Event Women (W) 20 Communique: Road to G20 Leaders Declaration. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali Minggu (13/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati membahas sekilas tentang Garut dalam topik berjudul 'Rural Women Economic Empowerment Through Creative Economy'. 

Sebagai daerah yang memiliki julukan kota 'Swiss van Java', Garut memiliki penduduk 2,7 juta jiwa dengan 1,4 juta jiwa di antaranya merupakan perempuan.

Menurutnya, dari jumlah tersebut menjadi tantangan tersendiri terutama hampir 80 persen masyarakat Garut berprofesi sebagai buruh tani, sehingga mereka menjadi bagian dari kemiskinan.

Meski demikian, lanjut Rudy, masyarakat Garut banyak terbantu dengan program-program pemerintah yang telah banyak memberikan bantuan kepada perempuan-perempuan di Garut.

"Saya selaku bupati saat itu dan sekarang menjadi terbesar (dengan transaksi hingga) Rp800 miliar  (yang didominasi) perempuan mendapatkan akses kredit mekar dan terbesar di Indonesia, dan itu MPL nya hanya 0,7 persen, semuanya tidak ada yang macet," katanya.

Selain itu, dalam side event G20 itu, Bupati juga memaparkan bahwa Kabupaten Garut memiliki Industri kulit yang berkesempatan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan fesyen ternama di Italia.

"Di mana pabrik itu memproduksi kulit untuk Hermes, untuk Gucci, Louis Vuitton, semua untuk itu dan Garut ternyata kalau kita semua perempuan melakukan hal yang sama, industri perempuan ini adalah (akan) memberikan keyakinan bahwa kita bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Bupati Garut dalam acara pameran Future SMEs Village yang bertajuk "The Magnificent Garut" menyampaikan bahwa acara tersebut menjadi kesempatan untuk menunjukan potensi yang dimiliki Garut, khususnya dalam industri fesyen berkualitas internasional.

"Seperti kerajinan kulit Garut yang telah mendunia, (seperti) tenun sutera yang sangat melegenda dan tentunya Batik Garutan yang memiliki nilai budaya yang luar biasa," ujarnya.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.