Enam Racikan Kopi ala Cafe, Favorit Kamu yang mana?

  • Whatsapp
Secangkir Kopi (Sumber : klikdokter.com)
Secangkir Kopi (Sumber : klikdokter.com)

Kedai kopi (coffee shop) atau cafe sedang menjadi tren kuliner yang kian happening di sekitar Garut Raya. Di setiap sudut kota, kita bisa melihat deretan cafe yang hampir tidak ada habisnya. Dari mulai franchise populer hingga brand indie yang baru dirintis, bisa dengan mudah kita jumpai. Namun, tahukah kalian enam racikan kopi ala cafe yang wajib ada di kedai kopi? Berikut ulasannya!

1. Americano

Kopi Americano bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mencicipi rasa otentik kopi, namun belum siap untuk mencoba espresso murni. Americano merupakan campuran satu shot espresso dengan air. Biasanya, americano disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Selain itu, ada juga doppio yang merupakan segelas americano dengan dua shot espresso.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

2. Mochaccino

Mochaccino merupakan varian kopi yang terbuat dari campuran espresso, susu, dan coklat. Biasanya, rasa dari susu dan coklat lebih mendominasi di mulut. Sangat cocok untuk kamu yang menikmati kopi, namun tidak menyukai aftertaste (sisa rasa) pahit yang berasal dari biji kopi.

3. Cappuccino

Cappuccino merupakan primadona, favorit mereka yang menyukai kopi dengan rasa mild (ringan). Cara menyajikannya adalah dengan mencampurkan espresso, steamed milk (susu steam), dan foamed milk (susu foam) dengan rasio 1:1:1. Rasa gurih yang berasal dari susu membuat cappuccino terasa lebih ramah di mulut. Namun, itu tidak melunturkan sentuhan pahit khas kopi sehingga cappuccino sangat digemari.

4. Macchiato

Jika cappuccino masih terlalu pahit di lidah, maka macchiato adalah jawabannya. Dalam macchiato, rasio steamed milk-nya lebih banyak dari espresso, sehingga rasa gurih mendominasi. Biasanya, macchiato cocok disajikan dengan sentuhan karamel. Kamu bisa memesan langsung caramel macchiato ke barista jika ingin kopi yang lebih gurih dan manis.

5. Latte

Berbeda dengan macchiato yang memiliki proporsi steamed milk yang lebih tinggi, latte lebih dominan ke espresso. Rasio antara espresso dan steamed milk-nya adalah 2:1. Rasanya dominan pahit, namun dengan sentuhan rasa milky dan gurih. Biasanya, latte disajikan dengan gambar-gambar cantik dan unik di atas gelas yang terkenal dengan nama latte art.

6. Affogato

Affogato adalah cara penyajian kopi dengan es krim vanilla. Kamu bisa menuangkan espresso shot ke atas es krim hingga meleleh. Perpaduan antara pahitnya kopi dan manisnya es krim akan membuat pengalaman minum kopi kamu terasa lebih menyenangkan. 

Itulah enam racikan kopi ala cafe yang wajib ada di kedai kopi. Favorit kamu yang mana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *