Gachifest 2022 Jadi Ruang Anak-anak Garut Berkreasi dan Berekspresi

Gachifest 2022 Jadi Ruang Anak-anak Garut Berkreasi dan Berekspresi

Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Garut menggelar acara Garut Children Festival (Gachifest) Tahun 2022. Kegiatan tersebut menjadi ruang bagi anak-anak di Garut untuk menampilkan kreasi dan ekspresinya di bidang seni.

Ratusan anak terlibat dalam rangkaian acara, mulai dari konser, bazar, escape room hingga art exhibition yang dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya (Ciateul), Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (30/7/2022). 

Ketua FAD Garut, Cecilia Clarin, mengungkapkan rasa senangnya karena Gachifest 2022 ini menjadi acara pertama yang dilaksanakan secara offline, setelah hampir 2 tahun beberapa acara harus dilaksanakan secara daring atau online.

Acara yang digelar selama dua hari ini terbuka untuk anak hingga remaja, bahkan orang tua, meski harus disertai pembelian tiket.

Ia berharap dengan Garut Children Festival ini, bisa lebih memaknai hari anak nasional dengan khidmat dengan mawadahi kreativitas anak-anak di Kabupaten Garut.

"Jadi biar anak-anaknya makin kreatif makin bahagia juga di Kabupaten Garut," harapnya.

Salah seorang pengunjung Gachifest dari SMAN 1 Garut, Jasmine mengatakan, kegiatan ini sangat menyenangkan, bahkan ia ingin acara seperti ini berlangsung lebih lama. 

Ia mengungkapkan, dirinya bersama teman-teman lain sangat menikmati suguhan acara dari Gachifest ini, khususnya pada konser musik.

"Harapannya, semoga tiap tahun terus ada acaranya (Gachifest) ini," tandasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Garut, Yayan Waryana, yang turut hadir, menyebut kegiatan ini memberikan peluang dan kesempatan kepada anak-anak untuk berkreasi serta berekspresi menyalurkan minat kreatif untuk ditampilkan dalam sebuah konser.

"Bahwa hari anak ini adalah hari mereka, hari anak-anak kita, hari anak-anak Kabupaten Garut, hari anak-anak nasional dan kita memberikan sisi ruang gerak mereka, karena di dalam pemenuhan hak anak itu adalah sebuah kewajiban kita sebagai orang tua, pemerintah, keluarga, dunia masyarakat, dunia usaha, itu memberikan ruang-ruang khusus bagi anak," ujar Yayan.

Ia juga mengakomodir seluruh komponen tingkatan sekolah dari mulai SMP yang dilibatkan untuk bersama-sama bergabung dalam Ririungan Barudak Garut yang bernama FAD Garut.

"Ririungan Barudak Garut mendapatkan apresiasi tertinggi di Jawa Barat pada saat hari anak nasional kemarin, yang dilaksanakan di Kuningan. Alhamdulillah dengan cerdas cermat tingkat provinsi, ririungan barudak Garut (atau) FAD Forum Anak Daerah Kabupaten Garut mendapatkan juara pertama tingkat Provinsi Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Garut, Usep Basuki Eko, mengapreasiasi acara yang diinisiasi oleh FAD Garut ini.

Ia mengatakan akan mempersilahkan fasilitas yang dimiliki oleh lembanganya untuk digunakan dan dimanfaatkan dalam rangka pembangunan serta pendidikan anak.

Senada dengan Kepala DPPKBPPPA, ia menilai kegiatan Gachifest ini merupakan acara yang positif untuk tumbuh kembang anak agar menjadi lebih berkualitas.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.