Garut Kini Miliki Alat Pendeteksi Gempa Canggih

  • Whatsapp
Warning Receiver System (Foto : infopublik.id)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut kini miliki alat pendeteksi gempa yang canggih. Kepala BPBD Garut, Firman Karyadin menyebutkan alat tersebut dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Alat pendeteksi gempa tersebut bernama Warning Receiver System.

Bacaan Lainnya

banner 728x250

Alat diseminasi informasi dan peringatan dini gempa bumi serta tsunami tersebut, ditempatkan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut. WRS merupakan sistem aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menerima informasi dari WRS server BMKG pusat.

“Namanya ini adalah Warning Receiver System, jadi kegunaan ini, peran dan fungsinya adalah alat pendeteksi gempa, dimana khususnya daerah Jawa Barat, itu akan terdeteksi disini di dalam layar monitor ini,” ujar Eri Anggota Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Garut, dikutip dari garutkab.go.id.

Pendeteksi gempa tersebut akan menampilkan simbol bintang apabila terdeteksi adanya getaran gempa. Lalu deteksi gempa tersebut akan muncul dalam suatu tabel khusus.

Nantinya dalam alat WRS ini informasi gempa di seluruh Indonesia secara real time akan ditampilkan di monitor. Ketika ada gempa, maka notifikasi akan masuk ke telepon masing-masing daerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *