Hebat! Inovasi Bidang Pertanian Asal Garut Ini Jadi Percontohan Nasional

Hebat! Inovasi Bidang Pertanian Asal Garut Ini Jadi Percontohan Nasional

Dinas Pertanian Garut melakukan inovasi di bidang pertanian yang bernama sistem Closed Loop. Inovasi tersebut menjadi percontohan sistem di tingkat nasional.

"Closed loop itu percontohan nasional, itu diduplikasi di seluruh Indonesia, trigernya dari kita, inisiasi awalnya dari kita," ujar Kepala Dinas Pertanian, Beny Yoga, Senin (14/12/2020) dikutip dari garutkab.goid.

Inovasi ini diciptakan mengingat Garut merupakan salah satu daerah agraris penghasil komoditas pertanian yang cukup besar di Indonesia. Inovasi yang memumpunni dilakukan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas dari potensi yang dimiliki.

Beny mengatakan gagasan ini berupaya untuk menghubungkan kebutuhan pasar dengan produksi pertanian di Garut.

Closed loop ini, lanjut Beny, merupakan kolaborasi antara kelompok tani dengan lembaga-lembaga yang mendukung terealisasinya kegiatan ini.

"Kegitan tersebut (Closed Loop) merupakan kolaborasi antara kelompok tani dengan lembaga akademisi, didampingi oleh akademis dari Unpad (Universitas Padjadjaran) dan ITB (Institut Teknologi Bandung) untuk pendampingan teknisnya, termasuk nanti ini dikaitkan dengan pasar, dan kelembagaan keuangan untuk membantu pemberdayaann petani." tambah Beny


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.