Jembatan Cimanuk Maktal Jembatan Ikonik yang Ada di Garut


Para wargi Garut pasti sudah tidak asing lagi dengan Jembatan Cimanuk Maktal, ya jembatan ini merupakan jembatan ikonik di Garut karena jembatan ini sudah ada sejak tahun 1825. Jembatan Cimanuk ini memiliki panjang 35 meter dan lebar 9 meter ini menyambungkan Kecamatan Garut Kota dengan Kecamatan Tarogong Kidul.

Jembatan Cimanuk Maktal ini dibangun untuk menyambungkan jalan utama Garut dengan Jalan Ziekenhusstraat atau Jalan Rumah Sakit. Di zaman dahulu daerah tersebut merupakan kompleks rumah sakit yang dibangun untuk Garut. Saat ini Rumah Sakit tersebut dikenal dengan sebutan RSU dr. Slamet.

WhatsApp Image 2023-05-31 at 11.25.15.jpeg
Jembatan Cimanuk 1922

Jembatan Cimanuk ini dibangun bersamaan dengan Jembatan Cimanuk yang berada di Leuwidaun. Pada tahun 2016 jembatan ini direvitalisasi karena pada saat itu jembatan sudah sangat tua dan rapuh sehingga Jembatan Cimanuk Maktal ini rawan ambruk. Jembatan Cimanuk Maktal merupakan jembatan aktif karena berada di kawasan strategis serta menghubungkan daerah-daerah vital di Garut.

Pada tahun 2018 dibangu kembali Jembatan Cimanuk yang baru disebelah jembatan lama yang sudah ada sejak tahun 1825. Pembangunan Jembatan Cimanuk baru ini adalah untuk membagi beban jembatan lama sehingga jembatan lama tersebut tidak kelebihan beban dan juga merupakan salah satu cara untuk mengurai kemacetan karena di Jembatan Cimanuk Maktal ini sering terjadi penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

 

 

Sumber : Album Garoet Tempo Doeloe, Sudarsono Katam dan Rachmat Affandhi


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 13, Jul 2024
Keseruan Garut Children Festival 2024