Kampung Cipulus Garut Ikuti Lomba Pemanfaatan Pekarangan Tingkat Jawa Barat


Warga Kampung Cipulus, Rukun Warga (RW) 13, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cilawu, mewakili kabupaten Garut untuk mengikuti perlombaan tingkat Jawa Barat.

Hal itu berdasarkan kebiasaan warga setempat yang miliki kebiasaan memelihara pekarangan dengan tanaman-tanaman bermanfaat bagi kehidupannya sendiri. Bahkan, kebiasaan itu dilirik Pemprov Jabar.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang), Toni Tisna Somantri, merasa bangga atas kebiasaan massal warganya. 

Toni mengatakan, sudah menjadi ciri khas dari Kampung Cipulus dalam memanfaatkan  pekarangannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi  mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani.

“Tentunya kehidupan masyarakat di Kampung Cipulus ini tidak berubah dan tidak mengada-ada, kalau ibu kapanpun datang kesini pasti situasinya seperti ini pekarangan-pekarangan rumahnya pasti tetep seperti ini,” ucap Toni saat didaulat untuk memberikan sambutannya penilaian  Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, Selasa (5/7/2022).

Toni mengungkapkan, antusiasme masyarakat Kampung Cipulus saat menyambut kedatangan dari Tim Recheeking sangat tinggi. Untuk itu, ia sangat berharap, Kampung Cipulus Desa Mekarmukti ini ke depannya dapat mewakili Provinsi Jawa Barat di tingkat nasional.

“Barangkali ya masyarakat terutama ibu-ibu yang berada di Desa Mekarmukti itu motivasinya akan meningkat lagi ya, semangatnya akan tumbuh lagi, situasinya akan mungkin bisa lebih dari seperti ini gitu bu,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan tim penilai dari Provinsi Jawa Barat, Nanda mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan perlombaan ini adalah selain memenuhi kebutuhan gizi pangan dari keluarga dan masyarakat, juga meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan. 

Adapun untuk jangka panjangnya diharapkan dapat menciptakan kemandirian pangan keluarga diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.