Lebaran Afdol Dengan Dodol, Si Manis dari Garut yang Melegenda

Lebaran Afdol Dengan Dodol, Si Manis dari Garut yang Melegenda
Lebaran sudah di depan mata. Berbagai olahan kudapan lebaran sudah bertebaran di pasaran sebagai pemanis di hari raya. Nah, selain kue lebaran, ada salah satu camilan unggulan masyarakat Garut yang wajib ada saat perayaan lebaran, yaitu Dodol. 

Menurut sejarahnya, dodol sendiri sebetulnya bukan penganan asli Indonesia. Dododl pertama kali diadaptasi melalui akulturasi dari budaya China, tepatnya sebagai kue keranjang pada perayaan hari-hari besar seperti Imlek. 

Di Indonesia, Garut menjadi satu-satunya kota yang dikenal sebagai yang menjadikan dodol sebagai ikon kabupaten dan makanan ciri khas daerah dengan berbagai produk olahan yang kaya akan varian. 

Konon, masyarakat Garut sejak zaman dahulu menjadikan dodol sebagai pelengkap kue kering yang hadir di toples-toples lebaran. Menurut salah satu ahli budayawan, dahulu dodol juga dikenal debagai kudapan yang memiliki filosofi silaturahmi. Karenanya, sejak saat itu masyarakat Garut menghidangkan dodol sebagai oleh-oleh di hari raya. 

Nah, bagi Warginet yang ingin menjadikan dodol sebagai kudapan di hari lebaran, Dodol Picnic bisa menjadi pilihan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta atau menjadi ide oleh-oleh mudik yang unik dan legendaris.

Komentar

Belum Ada Komentar
Anda belum dapat berkomentar. Harap Login terlebih dahulu