Legenda Dayeuhmanggung Bagian 1


Dikisahkan seorang asisten Raja Prabu Siliwangi yang dikenal sebagai Aki Panyumpit, diberi julukan sebagia Aki Panyumpit dikarenakan ia memiliki keahlian dalam berburu menggunakan panah dan sumpit. Suatu hari Aki Panyumpit sedang bersiap-siap untuk berburu di hutan. Segala peralatan untuk berburu sudah ia siapkan. Namun, sebelum berangkat Aki Panyumpit bingung untuk menentukan tempat perburuannya karena hampir semua hutan telah ia datangi untuk berburu.

Aki Panyumpit memutuskan untuk berburu di hutan bagian Timur karena ia belum kesana lagi sejak dua bulan yang lalu. Aki Panyumpit pergi ke Hutan Timur, untuk sampai ke Hutan Timur Aki Panyumpit harus melewati gunung dan bukit. Sesampainya di Hutan Timur Aki Panyumpit tidak menemukan satu binatang-pun.

Keadaan Hutan Timur sangatlah sepi dan tidak ada tanda-tanda hewan yang berkeliaran di sana. Namun, Aki Panyumpit tidak menyerah dan terus mencari hewan dengan cara menyisir pohon satu persatu dan Aki Panyumpit-pu memutuskan untuk pergi ke Puncak Gunung yang ada di hutan tersebut untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas.

Di perjalanannya menuju puncak gunung Aki Panyumpit menyium wewangian, penasaran akan bau wangi tersebut Aki Panyumpit-pun mencari asal wewabgub tersebut. Kemudian di arah utara Aki Panyumpit melihat suatu hal yang bersinar terang dipinggir Sungai Cipancar.

Aki Panyumpit ini kemudian menghampiri sinar tersebut dan kemudian iapun semakin dekat dengan sumber wewangian. Sesampainya di dekat Sungai Cipancar Aki Panyumpit terkejut karena melihat putri cantik yang sedang berdiri di dekat sungai. Sebelum sang putri sadar akan kehadiran Aki Panyumpit, Aki Panyumpit-pun segera bersembunyi di semak-semak.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 12, Jul 2024
Mitos Garut : Kisah Kuda Sembrani