Lezatnya Awug, Jajanan Tradisional Khas Kaki Lima dengan Rasa Bintang Lima


Bila Warginet berjalan di sekitaran pengkolan, pastinya akan menemui jajanan satu ini. Awug, olahan tepung beras dengan campuran kelapa dan gula merah, yang dikukus di dalam aseupan beralaskan daun pisang. 

Menurut sejarahnya, Awug sudah akrab di kenal oleh masyarakat Sunda sejak tahun 1940-an, lho. Konon, pada saat itu, jajanan ini kerap kali dijadikan sebagai menu sarapan oleh para pejabat kerajaan. 

Mulanya, masyarakat bahan dasar Awug terbuat dari tepung gaplek yang terbuat dari singkong. namun sejak tahun 1970-an masyarakat mulai jarang menggunakan gaplek dan beralih menggunakan tepung beras sebagai bahan dasar beberapa kue tradisional.

Sekilas, Awug terlihat sama dengan Kue Putu. Meski sama-sama berbahan dasar tepung beras dengan isian gula merah, perbedaan dari Putu dan Awug terletak pada proses pembuatannya. Awug menggunakan aseupan, sedangkan Putu menggunakan bambu. 

Dalam penyajiannya sendiri, biasanya Awug dipotong dan disajikan menggunakan wadah berbentuk kotak yang terbuat dari daun pisang. Harga satu kotak Awug biasanya berada di kisaran Rp10 ribuan saja. 

Gimana Warginet, tertarik untuk mencoba?


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka