Longsor di Cikajang Menyeret Tebing Setinggi 30 Meter

Longsor di Cikajang Menyeret Tebing Setinggi 30 Meter

Bencana tanah longsor terjadi di Kampung Sawah, Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang pada Senin 5 Februari 2024 pada pukul 08.00 WIB . Menurut keterangan warga sekitar longsor terjadi dikarenakan hujan deras yang mengguyur pada minggu malam. Hujan tersebut membuat tanah di area tebing menjadi labil.

Karena tanah tersebut labil maka terjadilah longsor, longsor yang terjadi di pagi hari ini banyak disaksikan oleh warga. Bahkan hampir menyeret seorang warga yang sedang merekam kejadian longsor tersebut. Longsor tersebut menimpa area penggilingan padi sehingga bangunan dan alat penggilingan padi tersebut tertimbun material longsor yang berupa tanah, bebatuan hingga tanaman.

Akibat dari kejadian longsor tersebut jalan di sekitar area penggilingan tertutup longsor sepanjang 50 meter dan untuk sementara jalan tersebut masih dalam proses pembersihan sehingga tidak dapat dilewati. Tidak. adakorban jiwa akibat dari kejadian longsor ini, namun kerugiaan ditaksir mencapai Rp100 juta.

Selain area penggilingan padi dengan luas sekitar 40 meter persegi, sebidang sawah dengan ukuran 5 tumbak hingga kolam ikan milik salah satu warga-pun terseret longsor. Di wilayah tersebut terdapat 5 rumah yang rawan terkenal longsor susulan, sehingga para penghuni rumah diusingkan terlebih dahulu untuk menghindari lonsor susulan. Polisi bersamaa TNI akan berkoordinasi dengan Pemda untuk mengevakuasi material longsor. 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.