Masjid Cipari Masjid Tertua di Garut dengan Gaya Art Deco

Masjid Cipari Masjid Tertua di Garut dengan Gaya Art Deco

Masjid Jami Cipari atau Masjid Assyuro adalah salah satu masjid di Garut yang dibangun pada tahun 1895, didirikan di Kampung Cipari, Desa Sukarasa, Kecamatan Pangatikan ini dibangun oleh K.H Yusuf Taudziri. Masjdi Cipari ini merupakan masjid tertua di Garut dan memiliki arsiktektur yang ini yakni memiliki gaya art deco.

Arsitektur Masjid Cipari ini tidak seperti masjid pada umumnya, bangunan Masjid Cipari seperti bangunan gereja karena bentuk bangunannya memanjang dan memiliki pintu tepat ditengah-tengah seperti di gereja. Masjid Cipari ini memiliki menara yang terletak di ujung bangunan dan bertepatan dengan pintu utama.

Posisi menara dan bentuk bangunan yang luas serta berbentuk kubus ini mengingatkan pada bangunan-bangunan gereja. Bentuk bangunan yang kotak sempurna seperti kubus ini menandakan bahwa bangunan ini memili gaya art deco. Art deco adalah sebauh gaya arsitektur bersifat dekoratif modern dan menganut aliran kubisme sehingga sangat mengagumi bentuk kubus.

Masjid Cipari ini kaya akan sejarah, selain menjadi rumah ibadah masjid ini juga merupakan tempat latihan perang dan benteng pertahanan perjuangan kemerdekaan. Hal ini dapat terlihat dari bekas tembakan peluru yang meninggalkan lubang di tembok mesjid. Masjid ini juga merupakan markas untuk PSII cabang Garut. Di masa mempertahankan Indonesia masjid ini digunakan juga sebagai tempat rapat bagi para pejuang nasional seperti Cokroaminato dan H. Agus Salim.

Pada masa penyerangan DI/TII di Garut masjid ini digunakan sebagai tempat perlindungan dari serangan dan ancaman tentara DI/TII. Masjid Cipari juga merupakan tempat pertemuan para ulama, tempat pertahanan dan perlindungan di masa G 30S PKI. Di masa-masa perang dahulu Masjid CIpari juga pernah digunakan sebagai posko kesehatan yang berfungsi sebagai tempat pengobatan dan pemulihan para pejuang yang terluka.

Saat ini Masjid Cipari sepenuhnya berfungsi sebagai rumah ibadah dan tempat belajar. Masjid ini merupakan saksi sejarah yang hingga saat ini masih berdiri kokoh, mesjid ini memiliki jasa yang sangat luar biasa karena tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah dan tempat belajar, masjid ini juga ikut berjuang dan membantu para pejuang dalam meraih kemerdekaan Indonesia serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

Sumber : Disparbud Jawa Barat 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.