Menu Takjil dari Berbagai Penjuru Dunia


Masyarakat Indonesia selalu menyediakan kurma untuk berbuka puasa. Namun, tidak hanya kurma biasanya para wargi melanjutkannya dengan memakan cemilan lainnya seperti gorengan, es buah, kolak, sop buah dan makanan lainnya. Makanan tersebut bisa dikatakan sebagai takjil wajib untuk masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Garut. Bagaimana dengan takjil di negara lainnya? Berikut takjil khas dari berbagai negara di penjuru dunia, diantaranya:

  1. Mesir merupakan negara di Afrika Utara memiliki tradisi khusus di bulan Ramadan yakni menyalakan lampu warna-warni di sepanjang jalan. Selain itu, takjil khas masyarakat Mesir adalah Ful Medames dan roti cokelat. Ful Medames adalah kacang fava yang dimasak menggunakan minyak zaitun yang dibumbui jintan. Untuk minumannya biasanya masyarakat Mesir membuat Qamar-al-deenand arasyi merupakan minuman berbahan dasar buah aprikot.

  2. Arab Saudi memakan kurma sebagai takjil wajib dan kemudian dilanjut dengan memakan pastry yang dipanggang dan ditemani dengan sebuah sup.

  3. Malaysia yang merupakan negara tetangga kita memiliki takjil wajibnya seperti sirup bandung yakni sirup bunga mawar yang diberi susu, nasi lemak, chicken rice dan juga sate.

  4. Albania merupakan negara di Benua Eropa yang mayoritas penduduknya beragama islam sehingga banyak masyarakatnya yang menjalankan ibadah puasa. Masyarakat Albania memiliki hidangan khas-nya atau takjil khas yang biasa disantap ketika berbuka puasa, takjil tersebut adalah byrek yang merupakan sebauh pastry yang pipih kemudian diisi dengan daging, banyak dan keju. Kemudian untuk makanan utamamnya adalah pasta yang disebut dengan pastice yang terbuat dari mentega, keju, telur dan susu. Selain itu, makanan berbahan dasar terong yang diberi bawang putih atau disebut juga dengan imam bayudin.

  5. Maladewa merupakan negara dengan banyak pantai indah ini merupakan negara yang mayoritas penduduknya merupakan muslim ini memiliki tradisi dalam berbuka puasa yakni membaca Raivaru yakni puisi yang berkaitan dengan Ramadan. Takjil khas Maladewa yakni garudhiya merupakan makanan yang berbahan dasar ikan yang dibumbui oleh lemon, cabe dan bawang yang disajikan dengan nasi.

  6. Lebanon memiliki tradisi unik dalam memberi tahu waktu berbuka yakni dengan cara menyalakan meriam. Setelah meriam dinyalakan maka masyarakat Lebanon berbuka puasa dan memakan takjil, takjil khas masyarakat Lebanon adalah fattoush salad yang merupakan campuran sayuran hijau yang dicampurkan dengan flatbeard, lobak dan tomat

 

 

 

Sumber : Nowshaba Achal on The Financial Express


0 Komentar :

    Belum ada komentar.