Musa Suria Kertalegawa


Raden Adipati Aria Moehammad Moesa Soeria Kartalegawa adalah Bupati Garut ke-6 yang lahir pada 26 Oktober 1897. Suria Kertalegawa lahir di Garut dari keluarga menak, ayahnya merupakan Bupati Garut ke-5 yang menjabat pada tahun 1915-1929. Nama panggilan Suria Kertalegawa ketika ia masih kecil adalah Uca.

Suria Kertalegawa mengenyam pendidikan di ELS, HBS dan Bestuur School. Suria Kertalegawa melanjutkan pendidikan tingginya dan menjadi Kandidat Amtenar di Kabupaten Cianjur, Ajudan Jaksa, Asisten Residen Garut, Asisten Wedana Langkaplancar di Ciamis, Asisten Wedana Kelas I Sukabumi, Asisten Wedana di Soreang Bandung, Wedana Patih dan Wedana Bandung sebelum ia menjadi Bupati Garut.

Suria Kertalegawa menjadi Bupati Garut ke-6 menggantikan ayahnya pada tahun 1929. Selama menjabat jadi Bupati Garut ia mengagas penderian Vereeniging Mooi Garoet atau Asosiasi Garut Indah. Verreniging Mooi Garoet ini meupakan asosiasi yang merepresentasikan kepentingan Garut.

Suria Kertalegawa terkenal sebagai Bupati Garut yang pro Belanda karena tidak mendukung kemerdekaan Indonesia. Bahkan Suria Kertalegawa mengaku dirinya sebagai anggota KNIL dan melaksanakan aksi penyerang kepada siapapun yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Ke-pro-an Kertalegawa kepada pemerintah Belanda ini merupakan buntuk dari rasa kecewanya kepada Soekarno yang dirasa menomorduakan orang Sunda. 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.