Museum Nasional Indonesia Dilalap Si Jago Merah, Bagaimana Nasib Koleksi Bendanya?


[Illustration: medcom.id]

Telah terjadi kebakaran yang menimpa Museum Nasional Indonesia pada Sabtu (16/09/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Dari pantauan infogarut, dugaan sementara kebakaran diakibatkan dari korsleting listrik dari bedeng proyek renovasi di blok C. Museum ini memiliki 3 bagian gedung: Gedung A, B dan C, yang terdampak kebakaran 6 ruangan di Gedung A dimana ruangan ini adalah tempat pameran koleksi museum dan wahana imersifa.

 

Bermula ketika mereka sedang melaksanakan apel di malam hari, tiba-tiba terdengar suara dentuman besar dari arah bedeng proyek renovasi. Api berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran dua jam setelah kejadian. Setelah itu, pihak Museum mengerahkan kurang lebih 70 - 180 personel untuk melakukan pengamanan dan investigasi lainnya. 14 orang sudah diperiksa sebagai saksi kebakaran diantaranya merupakan petugas keamanan museum dan para pekerja yang sedang merenovasi ruangan. 

 

Beberapa aset benda bersejarah beserta dengan artefak menjadi tujuan utama penyelamatan yang ada di dalam museum. Para petugas juga masih melakukan pendataan tentang benda-benda bersejarah apa saja yang masih bisa diselamatkan dan yang sudah rusak. Kebanyakan benda yang terdampak kebakaran adalah bentuk replika. Koleksi benda hasil repatriasi dengan Belanda dipastikan aman sebab disimpan jauh dari lokasi kebakaran. ***

 

 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Salma Nasya Ardhita
  • 08, Jul 2024
Asal Usul Jalan Baru Letjen Ibrahim Adjie Garut