Ngamplang, Cerita Nostalgia Idiom Garut Swiss van Java


Warganet pasti sudah tidak asing kan dengan sebutan Garut sebagai Swiss van Java, tapi apakah warganet tau julukan tersebut lahir karena sebuah lapang golf di kawasan kaki Gunung Cikuray? 

Berlokasi di Cilawu, sekitar empat kilometer dari kota Garut, Ngamplang yang masih menjadi kawasan kaki Gunung Cikuray memiliki panorama yang eksotis dengan tempat yang begitu indah. Terhampar padang rumput yang hijau dan luas. Pohon-pohon besar rimbun memenuhi sekitar. 

Sungai Cimanuk nampak meliuk membelah Kota Garut. Ada juga rangkaian gunung mulai dari Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Talaga Bodas, dan Gunung Sadahurip yang mengelilingi kota Garut. Pemandangan itu memiliki kemiripan dengan negara Swiss. 

Sungai Cimanuk seperti Sungai Aare yang membelah Bern, ibukota Swiss. Rangkaian pegunungan layaknya pegunungan Swiss. Itulah mengapa, berkat kecantikan alam yang disuguhkan oleh Ngamplang, kota Garut kemudian mendapat julukan Swiss van Java karena bentang alamnya mirip dengan negara terbersih  di dunia itu.

Keindahan Garut yang syahdu itulah menjadikan banyak wisatawan dari luar yang berkunjung ke Garut. 

 

sumber foto : instagram @fajar_alamsyh_


0 Komentar :

    Belum ada komentar.