Kemenag Garut Targetkan 3.700 Catin Ikuti Bimbingan Pranikah


Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut pada tahun ini menargetkan 3.700 orang calon pengantin (catin) untuk mengikuti Bimbingan Perkawinan (Binwin) pranikah.

Kepala Kantor Kemenag Garut Cece Hidayat menyampaikan, dalam Binwin ini para Catin akan dibekali materi terkait bagaimana cara membina rumah tangga, tentang kesehatan reproduksi keluarga, serta cara meningkatkan perekonomian keluarga.

"Ya mudah-mudahan saja nanti ke depan nanti akan melahirkan keluarga-keluarga yang kuat dalam mempertahankan rumah tangganya, sehingga akan tercapai namanya keluarga sakinah mawadah warrahmah," ucapnya saat menjadi pemateri dalam acara Bimbingan Perkawinan (Binwin) Pra Nikah Angkatan ke-1 dan Sosialisasi Penurunan Stunting yang dilaksanakan di Aula Islamic Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (18/5/2022).

Ia menambahkan, adanya bimbingan perkawinan ini, para Catin akan diberikan edukasi tentang bagaimana cara mempersiapkan diri menjelang pernikahan, persiapan menjelang memiliki anak, sampai dengan proses kehamilan dan menjaga gizi anak. 

Selain itu, imbuh Cece, dalam rangka mencegah permasalahan stunting di Kabupaten Garut.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Garut, dr. Tri Cahyo Nugroho mengungkapkan, Binwin ini sangat penting mengingat calon ibu dan calon bapak harus memiliki rencana serta pengetahuan yang baik tentang bagaimana kehidupan rumah tangga yang sehat.

Ia berharap, melalui pendidikan penyuluhan reproduksi kepada calon pengantin dapat menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI/AKB).

"Harapannya calon pengantin itu mengetahui hal-hal yang terkait dengan pola asuh kehamilan yang sehat, pola asuh pada bayi yang sehat, agar terhindar dari kematian ibu, kematian bayi, dan stunting di Kabupaten Garut," imbuhnya.

  • -

1 Komentar :