Usai Diserbu Wisatawan, Situ Bagendit Malah Sisakan Banyak Sampah


Meski belum diresmikan, kawasan wisata Situ Bagendit sementara dibuka pada momentum libur Lebaran 2022. 

Sejak hari pertama libur Lebaran, Situ Bagendit langsung diserbu wisatawan lokal untuk berlibur. Namun sayangnya, imbas lonjakan pengunjung, kawasan wisata bertaraf internasional itu malah menyisakan banyak sampah.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, langsung melakukan peninjauan terkait sampah wisatawan yang berserakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut pada Kamis malam (5/5/2022) lalu.

Mengutip dari ANTARA, Helmi menilai, sejak dibuka pada awal lebaran lalu, Situ Bagendit menuai daya tarik yang cukup tinggi dan berhasil menarik ribuan wisatawan. Namun dirinya mengaku sangat kecewa, karena banyak wisatawan yang tidak bertanggung jawab yang belum memiliki kesadaran akan lingkungan, dan minim edukasi tentang sampah dan kebersihan.

"Jadi pengunjung itu banyak yang tidak sadar membuang sampah bekas minuman atau makanan ke situ, yang akhirnya mengotori tempat wisata," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut, pemerintah daerah, kata dia, akan mengevaluasi permasalahan kebersihan di kawasaan objek wisata, mulai dari penyediaan tempat sampah, maupun petugas khusus untuk membersihkan sampah.

"Ya nanti kita akan evaluasi apa yang menjadi persoalannya, apakah tempat sampahnya sedikit, atau kurang besar, atau perlu petugas kebersihan khusus," kata Helmi.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mengerti akan kebersihan lingkungan. Karena permasalahan lingkungan ini merupakan tugas bersama.

"Menjaga kebersihan sampah itu tanggung jawab bersama, bukan hanya pengelola, tetapi, pengunjung juga," tegas Helmi.


0 Komentar :