Rawan Bencana di Lahan Kritis, Wabup Garut Ajak Masyarakat Menjaga Alam

Rawan Bencana di Lahan Kritis, Wabup Garut Ajak Masyarakat Menjaga Alam

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon di lahan kritis yang rentan terjadi bencana alam.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat saya tidak akan pernah bosan untuk mengajak, mengimbau untuk memelihara, menanam dan menjaga alam,” Ujar Helmi, Kamis (23/12/2021).

Melansir dari garutkab.go.id, Wabup Garut mewajibkan di setiap lahan Kritis di setiap kecamatan untuk ditanami pohon.

Sebelumnya, Wabup Garut membuka kegiatan gerakan penanaman pohon di hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk, Sungai Cikamiri, Desa Barusari, Kecamatan Pasirwangi dan Desa Cibunar Kecamatan Tarogong Kaler.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkungan Anak Bangsa (Libas) yang mengunisiasi kegitan itu menyiapkan 3.000 pohon. 1.500 pohon di antaranya ditanam di hulu DAS Cimanuk Sungai Cikamiri. Dan 1.500 pohon sisanya di berikan kepada warga untuk ditanamkan di daerah masing-masing.

Kemudian juru bicara Libas, Ira Maryana menyatakan pihaknya bekerja sama pemerintah daerah. Terkhusus dengan Kepala Desa Barusari untuk mengedukasi masyarakat tentang lingkungan.

“Sebab bagaimanapun lingkungan adalah rumah kita semua, dan jangan sampai terjadi bencana yang sudah-sudah. Kita antisipasi menekan seminimal mungkin untuk bencana karena akibat dari bencana itu kerusakan pola pikir manusianya sendiri,” kata Ira.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.