Sejarah Kecamatan Bayongbong Garut


Kecamatan Bayongbong adalah salah satu dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, terletak sejauh 13 KM dari pusat kota Garut Kecamatan Bayongbong dikenal sebagai daerah pertanian dan juga terletak di bawah kaki Gunung Cikuray. Tahukah para warginet, Kecamatan Bayongbong sebelum menjadi bagian dari Kabupaten Limbangan merupakan bagian dari Kabupaten Sukapura Lama.

Berdasarkan Surat Keputusan Raffles pada 16 Februari 1813 Kabupaten Limbangan Baru yang beribukotakan Garut terdiri dari beberapa distrik yakni Wanakerta, Wanaraja, Suci dan Bayongbong. Nama Bayongbong dikenal juga dengan sebutan Panembong berasal dari kata “Bayabang”.

Bayabang artinya kelabang dan pada saat itu di kawasan Bayongbong banyak ditumbuhi oleh pohon babayangbangan yang menjadi rumah dari bayabang sehingga kawasan tersebut disebut sebagai “Bayongbong”. Awalnya Bayongbong hanya memiliki dua desa yakni Desa Ciburuy dan Desa CIela.

Desa Ciburuy merupakan desa kuno yang sudah ada sejak zaman dahulu, hal ini terbukti dengan adanya peninggalan berupa Situs Ciburuy yang disebutkan merupakan jejak peninggalan Prabu Siliwangi dan jejak peradaban sunda yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka