Sejarah Pesantren Fauzan Sukaresmi

Sejarah Pesantren Fauzan Sukaresmi
Illustration: Laduni.id

Pesantren Fauzan adalah salah satu Pesantren tertua di Kabupaten Garut yang sudah ada sejak tahun 1894. Pesantren Fauzan yang terletak di Kp. Fauzan, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi ini merupakan Pesantren yang banyak melahirkan banyak ulama besar seperti Syekh Muhammad Adzroi yang merupakan ulama sentral di akhir abad 19 dan awal abad 20.

Sebelumnya Pesantren Fauzan dikenal dengan sebutan Pesantren Pasir Bokor yang didirkan dan dipimpin oleh KH Hasan. Di masa kepemimpinan KH Muhammad Umar Bashri kemudian mengganti nama Pesantren Pasir Bokor menjadi Pondok Pesantren Fauzan. Fauzan artinya dua kebahagian karena KH Muhammad Umar Bashri ingin agar para santri di Pesantren Fauzan bisa mendapatkan 2 kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelatk

Pesantren yang sudah ada sejak tahun 1894 ini juga turut berkontribusi terhadap kemerdekaan Indonesia hingga pertahanan kemerdekaan Indonesia. Ketika Indonesia sedang berjuang untuk melawan pasukan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Pesantren Fauzan membentukan pasukan Dafu’ssial. Dafu’ssial adalah pasukan pejuang kemerdakaan yang memiliki 40.000 anggota.

Pasukan Daf’ussial ini dipimpin oleh KH Muhammad Ishaq atau biasa disebut sebagai Aceng Sasa. Pasukan Daf’ussial bersama dengan masyarakat Garut berjuang melawan penjajah yang saat itu berusaha untuk menguasai Garut. Saat ini Pesantren Fauzan Sudan memiliki institusi pendidikan mulai dări tingkat SMP, MA dan SMK. Pesantren Fauzan juga saat ini suda memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa wilayah Garut. Cabang Pesantren Fauzan tersebar di Cibalong, Cikajang dan Cisurupan. 

 

 

 

Sumber : Muhammad Salim on Jabar NU


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.