SS. Garoet, Kapal Kargo Legendaris yang Berjasa pada Masa Perang Dunia II


Nama "Garut" pernah menjadi saksi bisu perjuangan paling fenomenal di negeri ini, yaitu dalam penamaan kapal kargo legendaris pada masa kolonial Belanda bernama SS. Garoet.

SS. Garoet merupakan salah satu kapal yang dibuat pada pertengahan tahun 1917, dan digunakan oleh Belanda untuk penumpang sipil, juga kargo barang yang berhubungan dengan perkebunan.

Pada tanggal 10 Mei 1940, berdasarkan catatan sejarah Belanda, kapal ini memulai pelayaran yang lebih jauh ke tanah Mekah dengan misi menjemput jamaah haji yang terlantar di sana. 

Pada saat itu, bertepatan dengan meletusnya Perang Dunia II, Jerman menyerbu Belanda dan daratan Eropa. Hal tersebut menyebabkan ribuan mukim Indonesia tidak dapat pulang ke tanah air. Karenanya, sejumlah tokoh penting membentuk organisasi Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI) untuk membantu kepulangan sahabat muslim di tanah suci. Setelahnya, 2.504 mukim kemudian dinyatakan selamat dan sehat wal afiyat. 

Tak hanya itu, kapal SS. Garoet juga sempat dijadikan sebagai media efektif untuk mempromosikan wisata dan budaya Garut ke mancanegara. Namun sayang, kapal ini harus karam pada tahun 19 Juni 1944 setelah menghantam 2 torpedo yang diluncurkan Jerman, saat melakukan perjalanan menuju Akrifa.

Data: Diolah dari berbagai sumber






0 Komentar :