Tips Berpuasa Untuk Kamu yang Punya Penyakit Lambung


Penyakit lambung seperti maag, asam lambung atau GERD merupakan penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan yang dapat menganggu para penderitanya dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Namun, tidak perlu khawatir jika para wargi memiliki masalah dengan lambung dan pencernaan para wargi dapat berpuasa dengan mengikuti beberapa tips berikut:

  1. Sehari sebelym melaksanakan ibadah puasa jika lambung merasa tidaknya nyaman sebeluym sahur bisa meminum obat terlebih dahulu. Rasa tidak nyaman yang dirasakan ketika mulai berpuasa biasanya hanya terjadi di tujuh hari hingga sepulu hari awal puasa karena kondisi tubuh kita belum beradaptasi dengan pola makan yang baru, namun setelah itu tubuh akan beradaptasi dan lambung merasa nyaman tanpa harus meminum obat.

  2. HIndari makanan yang memiliki rasa asam, pedas dan makanan yang mengandung lemak tinggi ketika sahur. Karena makanan asam, pedas dan tinggi lemak dapat membuat perut begah.

  3. Kurangi makanan yang dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan, makanan yang harus dihindari adalah majanan yang berlemakj tinggi seperti di makanan yang mengandung santan, susu, jeroan, gorengan, daging. Makanan tersebut dapat membuat lambung bekerja terlalu berat sehingga ketika puasa nanti lambung akan terasa tidak nyaman.

  4. Konsumsi makanan clean food saat sahur. Clean food adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang rendah lemak yang diolah dengan cara dikukus atau dibakar, sayuran, makanan yang tidak asam dan tidak pedas.

  5. Saat berbuka puasa para wargi bisa mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung santan seperti kolak, gulai, daging atau makanan lainnya dengan catatan tidak makan secara berlebihan ya parsa wargi, makan dengan porsi secukupnya.

  6. Ketika berbuka puasa beri jeda diantara makan-makanan ringan dengan makanan besar sehingga lambung tidak merasa kaget. Makanlah secara bertahap dan pelan.

 

 

 

Sumber : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 05, Jul 2024
Ingin Tau Khodam Anda? Cek Disini!