Wartawan se-Jawa Barat Ikuti Pelatihan Water Rescue di Sungai Cimanuk Garut

Wartawan se-Jawa Barat Ikuti Pelatihan Water Rescue di Sungai Cimanuk Garut

Sebanyak seratus wartawan mengikuti pelatihan water rescue pada workshop jurnalis sadar risiko bencana di Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/8/2022).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Jabar Quick Response (JQR) memberikan pelatihan simulasi pertolongan kebencanaan kepada wartawan se-Jawa Barat untuk meningkatkan standar keselamatan saat peliputan di lokasi bencana.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari perwakilan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Garut, Wartawan Foto Bandung, Pewarta Foto Indonesia, Pokja Gedung Sate dan Jurnalis perseorangan.

Ketua Pelaksana acara, Aditya Saputra mengatakan, pelaksanaan workshop ini merupakan  ikhtiar untuk memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat, terutama kepada para jurnalis terkait pengetahuan dasar dan standar keselamatan di lokasi bencana.

"Yang tentu saja dapat menunjang tugas rekan-rekan jurnalis saat melakukan peliputan, sehingga kecepatan dan ketepatan informasi terkait informasi kebencanaan dapat tersampaikan kepada publik dengan baik, tanpa mengesampingkan keselamatan diri rekan-rekan jurnalis di lapangan," ucapnya.

Ia juga menilai, proses edukasi terkait safety awareness dan mitigasi di lokasi bencana ini tidak cukup hanya disampaikan dalam workshop ini. Sehingga ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi pemicu pelaksanaan kegiatan-kegiatan seperti ini ke depannya.

"Kami berharap bahwa ikhtiar yang kami lakukan ini, dapat menjadi pemicu kegiatan-kegiatan sejenis, untuk dilakukan oleh banyak pihak, sehingga isu terhadap budaya tangguh bencana ini dapat mengarusutama di masyarakat, sehingga semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mempelajarinya," tandasnya.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.