Garut Kirim 16 Peserta Terbaik ke Jambore Nasional, Kak Helmi Sebut Pramuka Jadi Bekal Masa Depan

Garut Kirim 16 Peserta Terbaik ke Jambore Nasional, Kak Helmi Sebut Pramuka Jadi Bekal Masa Depan

Garut mengirim 16 Pramuka terbaik ke Jambore Nasional XI/2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, pada 14-21 Agustus 2022.

Wakil Bupati Garut sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Helmi Budiman melepas kontingen Jambore Nasional di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (11/8/2022).

Kak Helmi, demikian sebutan di kalangan anggota Pramuka berharap ke depannya Pramuka bisa kembali menjadi gerakan massal mulai dari anak SD, SMP, sampai dengan SMA sederajat.

Ia menyebut Pramuka bisa menjadi bekal ketika nanti sudah dewasa, saat berumah tangga, maupun sudah bekerja.

"Semua masyarakat ikut Pramuka, sehingga kita tinggal milih saja nanti yang masuk yang menjadi PNS, menjadi pemimpin, menjadi pedagang dan sebagainya kan harus ada bekal," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya mengirimkan dua tim dari 14 kwarran yang terdiri dari 8 peserta putra, dan 8 peserta putri, serta telah diseleksi secara ketat.

"Alhamdulillah pesertanya kita sudah siap ya, putra maupun putri, dan tentu ini merupakan aset kita aset Kabupaten Garut, ya mudah-mudahan ini pramuka ini menjadi pemimpin Kabupaten Garut," kata Wabup Garut.

Penyelenggaraan Jambore Nasional kesebelas kali in mengusung tema “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”. Tema ini dipilih sebagai bentuk pengharapan untuk meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan, serta membentuk sikap dan perilaku anggota pramuka guna mempertahankan komitmen dan penghayatan terhadap Satya dan Darma Pramuka. 

Acara yang berlangsung dalam kurun waktu dua minggu ini akan dihadiri sekitar 11.506 utusan penggalang putra dan putri dari kwarcab di seluruh Indonesia.

Selain itu, acara ini diperkirakan juga akan dihadiri oleh perwakilan Gugus Depan yang berpangkalan di Kedutaan Besar Republik Indonesia serta anggota Kepanduan Kawasan Asia Pasifik.

Kegiatan ini direncanakan akan dibuka langsung Presiden Republik Indonesia (RI), Jokowi selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 pada 14 Agustus 2022. Sementara itu, penutupan Jamnas ke-XI akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2022 Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, selaku Wakil Ketua Mabinas Gerakan Pramuka.

Jamnas sendiri merupakan acara lima tahun sekali yang diikuti oleh perwakilan masing-masing Kwarcab di tingkat kota atau kabupaten.


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.