2024 Ibu Kota RI Pindah ke IKN, Bukan Lagi Jakarta


[Rencana Tampilan Ibu Kota Nusataran di Kalimantan Timur/ Sumber: ikn.go.id]

Tahun 2024 DKI Jakarta bukan lagi Ibu Kota Republik Indonesia, karena secara resmi akan pindah ke IKN.

Kepindahan pusat pemerintahan Indonesia dari Jakarta ke IKN ini, dikonfirmasi oleh Kepala Otoritas IKN, Bambang Susantono yang belum lama ini dilantik.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI pada Senin (6/2/), Bambang menyampaikan bahwa pada 2024 Presiden Jokowi akan mengeluarkan keputusan presiden (keppres) mengenai perpindahan tersebut.

"Ini memang kami emban hingga 2024 dan manakala di 2024 Presiden akan mengeluarkan Keppres yang menyatakan bahwa ya ibu kota (Jakarta) akan pindah ke IKN Nusantara pada 2024 tersebut," Kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang menegaskan, meskipun pengeluaran Keppres masih cukup lama, namun, pihaknya sudah mempersiapkan IKN agar pada tahun 2024 ibu kota negara baru siap layak huni.

"Walaupun tanggalnya masih 2024 tapi persiapannya harus kami lakukan dari sekarang, persiapan pemindahan bagaimana kita memindahkan ASN, TNI/POLRI dalam beberapa tahapan bahkan penyelenggaraan Pemerintahan harus kami pikirkan dari sekarang," ujarnya.

Menurutnya, pada paruh pertama 2024 ketika Presiden mengeluarkan Keppres tersebut, maka pelayanan publik paling tidak bisa berjalan dengan baik.

Dengan kata lain, pada 2024, ibu kota negara akan resmi berpindah dari Jakarta ke IKN Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur.***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka