Aksi Sikat Gigi Massal Ribuan Siswa SD di Garut Warnai Peringatan HKGN 2022

Aksi Sikat Gigi Massal Ribuan Siswa SD di Garut Warnai Peringatan HKGN 2022

Sebanyak 2.514 siswa dari 9 SD yang ada di Kabupaten Garut, mengikuti kegiatan sikat gigi massal secara serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022.

"Ini bentuk kecintaan kita kepada anak-anak supaya giginya sehat, karena kita (ingin) pulih bersama senyum Indonesia dengan menyikat gigi. Terimakasih semua pihak," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat menghadiri kegiatan sikat gigi massal di SDIT Darul Abrol, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Senin (12/9/2022).

Selain Bupati, kegiatan sikat gigi massal itu juga dihadiri oleh seluruh Persatuan Dokter Gigi Kabupaten Garut, Dinas Kesehatan kabupaten Garut, serta Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Garut, drg. M. Fahrul Rozi, menuturkan jika kegiatan sikat gigi bersama ini merupakan acara puncak dari rangkaian Bulan Kesehatan Gigi Nasional, dan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. 

"Sebenarnya tujuan utamanya untuk mengedukasi kepada siswa-siswa (tentang) pentingnya kesehatan gigi itu sendiri, yaitu agar yang pasti giginya bersih, sehat, sehingga terhindar dari gigi-gigi yang bolong, terhindar dari bakteri, kuman, dan sebagainya seperti itu," tutur. drg. M. Fahrul.

Selain itu, berkaitan dengan kondisi kesehatan gigi di masyarakat Kabupate  Garut, imbuh drg. M. Fahrul, berdasarkan data yang ada kondisinya sudah cukup baik. Namun, tetap memerlukan beberapa perbaikan yang lebih lanjut lagi.

"Salah satu upayanya seperti ini kita melakukan sikat gigi massal ke sekolah-sekolah dan saya yakin acara inipun sebenarnya sudah sering di lakukan di Garut di SD-SD ini, jadi memang kita tujuan utama dari salah satunya dari PDGI Cabang Garut kita ingin sekali agar kesehatan gigi dan mulut dari masyarakat Garut itu jauh lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya," imbuhnya.

Ia berharap melalui kegiatan sikat gigi massal ini mampu memberikan kebiasaan baru bagi masyarakat Garut khususnya para pelajar untuk senantiasa membersihkan hingga memelihara kesehatan gigi.

"(Jika merawat gigi) otomatis kita pasti akan punya senyum yang baik juga. Nah senyum yang baik ini biasanya kita harus mulai dari senyum anak-anak, terutama anak-anak Indonesia khususnya anak-anak dari Garut," tandasnya.

Siswa SD di Garut.jpg

Dalam rangka peringatan HKGN Tahun 2022 di Garut itu, sebanyak 9 sekolah terlibat dalam pelaksanaan sikat gigi masal di antaranya:

1. SDN Regol 6 - 357 siswa

2. SDN Margawati 3 - 154 siswa

3. SDN Margawati 4 - 190 siswa

4. SDN Margawati 5 - 132 siswa

5. SDN Sukanegla - 319 siswa

6. SDIT Darul Abror 1 & 2 - 700 siswa

7. SDN Bagendit 2 - 254 siswa

8. SDN Banyuresmi 2 - 408 siswa


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.