Apakah Profesi PNS dan PPPK Menjadi Tujuan Lulusan S1 di Garut?

Apakah Profesi PNS dan PPPK Menjadi Tujuan Lulusan S1 di Garut?

Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kini sedang membuka pendaftarannya dari berbagai macam instansi, terutama untuk PPPK di bidang keguruan dan kesehatan.

Tetapi, Lulusan S1 di Garut ini apakah masih banyak yang berminat menjadi PNS atau PPPK? 

Nah, Infogarut sudah mewawancara beberapa lulusan S1 di Garut untuk menjelaskan kemana karier yang akan mereka pilih setelah lulus, apakah mereka ada keinginan menjadi PNS atau PPPK?

 

"Kalau ada kesempatan dan tesnya mudah, saya pilih jadi PNS sih, soalnya kan terjamin ya sampai tua nanti. Terus juga, kayanya jadi PNS itu memang keinginan orang tua saya. Tapi kalau lihat tes dan saingannya yang banyak, saya sih mending pilih kerja di perusahaan swasta aja karena proses buat kerjanya lebih cepet," Ainun - S1 Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut.  

 

"Kalau saya pilih jadi PPPK, soalnya kan sekarang sudah jadi guru honorer, jadi tujuannya pasti ke PPPK supaya gaji naik dan ada tunjangan," Mega - S1 Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. 

 

"Awanya setelah lulus S1 saya ingin berkarier di perusahaan BUMN, namun banyak syarat yang tidak bisa dipenuhi. Lalu, untuk lowongan pekerjaan di perusahaan swasta pun sekarang syaratnya semakin banyak, ribet dan ada juga beberapa perusahaan yang cenderung diskriminatif terhadap lulusan kampus swasta, terlebih lagi yang kampusnya itu bukan di kota besar. Makanya saya pilih menjadi enterprener saja," Aji - S1 Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut.

 

"Ekspektasi saya itu kerja di perusahaan BUMN, karena jenjang karier terjamin baik, tidak hanya gaji tapi tunjangan yang lainnya dijamin, terlihat dan atau terpandang baik," Fahmi - Institut Teknologi Garut.

 

Setelah mewawancara beberapa mahasiswa, ternyata ada juga lulusan S1 ini yang memilih untuk menjadi pengusaha atau bekerja di perusahaan swasta bahkan BUMN. 

Namun, apapun karier yang warginet Garut pilih, jangan sampai merendahkan pekerjaan lainnya, tetap syukuri apa yang telah dijalani hari ini dan tetap semangat ya!

Nah, Kalau Warginet Garut setelah lulus sekolah atau kuliah ada yang mau jadi PNS/PPPK? atau jadi yang lainnya seperti beberapa lulusan diatas?


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.