Cerita Rakyat Curug Orok, Cerita Rakyat Buatan Belanda?


Cerita rakyat Curug Orok merupakan salah satu cerita rakyat  yang paling terkenal di Garut. Cerita rakyat tersebut mengisahkan asal-usul  penamaan Curug Orok. Penamaan Curug Orok ini diambil dari sebuah kisah ditemukannya bayi di sekitar air terjun tersebut.

Namun, tahukah para wargi bahwa cerita rakyat yang saat ini masih tersebar secara lisan ternyata merupakan cerita rakyat buatan tentara Belanda?  Cerita rakyat tentang ditemukannya bayi di sekitaran air terjun ini diciptakan oleh tentara Belanda untuk menjaga hutan yang menjadi lokasi tempat air terjun tersebut berada.

Kawasan hutan Curug Orok ini pada masa penjajahan digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata tentara Belanda. Cerita rakyat ini diciptakan agar tempat penyimpanan senjata tersebut tidak diketahui warga. Di masa lalu, masyarakat sekitar selalu menghormati cerita yang tersebar dan menganggap cerita yang tersebar sebagai sebuah peringatan. 

Meskipun cerita rakyat tersebut sudah diketahui sebagai cerita belaka, masih banyak yang menyebarkan mitos ini tanpa menjelaskan bahwa cerita tersebut merupakan cerita belaka yang diciptakan oleh tentara Belanda.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka