Comro, Camilan Singkong Berisi Oncom yang Tetap Eksis Jadi Teman Nongkrong


Olahan singkong selalu menjadi salah satu penganan khas yang tidak pernah habis dibicarakan. Nah, salah satunya adalah Comro, camilan singkong berisi oncom yang tetap eksis jadi menu andalan untuk nongkrong.

Comro atau "Oncom Dijero", merupakan jajanan tradisional khas Sunda yang memiliki cita rasa pedas gurih dengan tekstur renyah ketika digigit. Dalam prosesnya, penganan ini diolah menggunakan bahan dasar singkong parut yang dibentuk bulat dengan oncom sebagai isiannya. Oncom yang sudah dibentuk itu kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

Usul punya usul, Oncom pertama kali dikenalkan kepada masyarakat pribumi pada zaman Belanda. Konon, makanan ini adalah hasil adaptasi dari salah satu makanan khas Belanda bernama Bitterbalen, camilan berbentuk bulat dengan isian daging sapi. 

Menurut sejarahnya, olahan singkong pertama kali dikenalkan oleh bangsa Portugis pada abad 16-an. Saat itu, bangsa Eropa menyadari bahwa tanaman ini begitu bermanfaat, mulai dari mengolah umbinya menjadi tepung tapioka hingga nutrisi daunnya yang kaya akan khasiat. 

Pada awal abad ke-20, konsumsi singkong mengalami peningkatan. Dari sana, banyak masyarakat yang kian menjadikan singkong sebagai olahan makanan dengan berbagai varian, salah satunya Comro. 

Sebagai penganan tradisional, Comro menjadi salah satu yang paling eksis di tengah arus perubahan zaman. Bahkan kekinian, banyak dari kaum milenial yang menjadikan Comro sebagai bisnis menjanjikan dengan berbagai varian rasa modern. 

 Data: Diolah dari berbagai sumber



0 Komentar :

    Belum ada komentar.