Desa Barudua Malangbong, Agrowisata Penghasil Stroberi yang Terkenal Seantero Negeri


Warginet mungking asing jika mendengar nama Desa Barudua. Namun, jika menyebut kecamatan Malangbong, pasti kenal, kan.

Malangbong merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Garut yang berbatasan langsung dengan Tasikmalaya. Desa Barudua adalah satu dari 24 desa yang ada di kecamatan Malangbong.

Desa Barudua pernah menjadi desa yang terisolir, tetapi kejayaan desa ini mulai terlihat bermula pada tahun 2000, Supardi menanam stroberi di Desa Barudua yang memiliki alam menawan dengan ketinggian 1086 mdpl.

Masyarakat mulai mencoba memanfaatkan lahan dan bertanam stroberi dengan varietas holibert. Stroberi yang ditanam cukup manis dan lebih tebal juga kenyal. Memiliki warna merah cerah dengan bentuk conic dan ujung yang meruncing memiliki umur simpan 4-5 hari. 

Dengan motivasi dari Endang Yana, yang kemudian menjadi kepala desa, bersama masyarakat mulai saling bahu-membahu bergerak dan berkelompok untuk memajukan Desa Barudua. 

Tahun 2008, masyarakat semakin giat membudidayakan, membuat kompas, hingga mencari pasar baru. Kemudian pada 2010, stroberi Desa Barudua mulai dikenal hingga pasar internasional.

Usaha tidak mengkhianati hasil, pada tahun 2018, hasil panen telah mencapai hingga 5-6 ton/hari dari lahan 5-8 hektare yang ditanami stroberi jenis Nyoho, Kalifornia, dan Holibert. 

Desa Barudua digadang menjadi Desa Stroberi karena pendapatan utama masyarakat desa ini berasal dari buah stroberi yang sudah dikenal seantero negeri.

Kawasan perkebunannya sendiri termasuk Agrowisata atau wisata alam. Wisatawan yang berkunjung dapat memetik langsung hasil panen bersama pemilik dan dapat dijadikan bahan penelitian bagi mahasiswa jurusan pertanian. 

Kebun tersebut kerap kali dimanfaatkan sebagai arena Wisata Alam sedangkan pengelolaannya di kelola petani setempat.


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka