Gunung Sagara - Rinjani van Java


Gunung Sagara terletak di bagian timur Garut yakni Desa Tenjoagara, Sucinara, Garut bersebelahan dengan Gunung Galunggung dan juga dengan dekat dengan Talaga Boddas. Gunung Sagara merupakan salah satu gunung yang sedang hits di kalangan para pendaki gunung karena pemandangan Danau Talaga Bodas yang terlihat dari atas puncak Gunung Sagara seperti sebuah lautan diatas awan. Adanya pemandangan ini menjadikan Gunung Sagara sebagai  Rinjani van Java.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.132 mdpl menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa, daya tarik utama dari Gunung Sagara ini ialah sunrise atau matahari terbit yang indah dihiasi oleh hamparan danau Talaga Bodas menjadikan pemandangan diatas puncak sana seperti lukisan yang dapat memanjakan mata. Puncak Gunung Sagara merupakan puncak yang terbuka sehingga menawarkan pemandangan yang seluas 360 derajat sehingga dapat melihat seluruh pemandangan yang ada di sekitar Gunung Sagara.

Sebagai destinasi wisata alam hiking, tentu saja setiap gunung di Garut memiliki kisah dan misteri masing-masing tidak terkecuali di Gunung Sagara. Gunung Sagara hingga saat ini merupakan tempat pelaksanaan aktivitas spiritual seperti tempat pemujaan atau petilasan yang biasanya dilakukan pada hari selasa kliwon atau jumat kliwon. Selain itu, terdapat mitos yang beredar di kalangan para pendaki bahwa di Gunung Sagara terdapat sebuah lokasi yang digunakan untuk para pemuja kekayaan dan menilik neraka.

Selain menjadi destinasi wisata hiking, para wisatawan juga dapat melakukan kegiatan wisata alam lainnya seperti camping dan trekking. 

 

Sumber : Indra Gumilar di dalam ceritapendaki.id


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 05, Jul 2024
Ingin Tau Khodam Anda? Cek Disini!