Inilah 4 Jenis Tanduk Domba Garut yang Menjadi Lambang Kegagahan


10700 Dilihat

Ada satu ikon Kota Garut yang identik bahkan bernilai hingga ratusan juta, yaitu domba Garut. Domba Garut yang sudah mendunia karena kecantikannya ini berasal dari tiga jenis domba, yaitu domba lokal Priangan, domba merino asal Spanyol, dan domba kaapstad asal Afrika. Namun, tahukan Warganet bahwa domba Garut memiliki jenis tanduk yang beragam? Yuk, simak langsung penjelasannya!

 

1. Tanduk Ngabendo

ngabendo.jpg

Tanduk Ngabendo menjadi salah satu bentuk tanduk domba Garut jantan yang diatur pada SNI Domba Garut. Bentuknya dari pangkal tanduk ke belakang dan tidak lebih dari satu putaran.

 

2. Tanduk Leang

tanduk-leang-2.jpg

Bentuk tanduknya memiliki sedikit lengkungan dan pertumbuhan tanduknya ke samping. Hati-hati kena tanduknya, ya!

 

3. Tanduk Gayor

gayor.jpg

Jenis tanduk gayor merupakan yang paling umum dimiliki domba Garut jantan. Bentuknya dari pangkal tanduk ke belakang melingkar ke bawah keluar. 

 

4. Tanduk Ngagolong Tambang

tambang.jpg

Tanduk ini berbentuk ke belakang lebih dari satu putaran. Mungkin ketika tanduknya bertumbuh semakin panjang, bentuknya mirip dengan lilitan tambang sehingga disebut tanduk ngagolong tambang.

 

Tanduk domba Garut menjadi lambang kegagahan dan keunikan tersendiri bagi dombanya. Gimana menurut Warganet, mana nih tanduk yang paling gagah?


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka