Kampoeng Amsterdam Jadi Bukti Peninggalan Belanda di Garut


Garut menyimpan banyak sekali memori dan peninggalan sejarah penjajahan Belanda. Salah satunya yaitu Kampoeng Amsterdam yang mana di dalamnya terdapat rumah Belanda. 

Kampoeng Amsterdam terletak di kaki Gunung Cikuray, Kecamatan Cilawu, Garut. Jadi di kampung ini terdapat 12 rumah peninggalan Belanda yang kini diisi oleh 24 orang warga biasa. Uniknya rumah yang ditempati itu masih merupakan bentuk awal tanpa adanya renovasi. Maka dari itu Kampoeng Amsterdam menjadi salah satu tempat wisata baru di Garut. 

Dilansir dari traveldetik, Asep Ahmad sebagai pengelola mengatakan bahwa 12 rumah yang ada disini memang dulunya asli rumah warga Belanda. Rumah warga Belanda tersebut diperkirakan sudah ada sejak tahun 1930. Sejak saat itu hingga sekarang tidak ada renovasi yang dilakukan. Tetapi, warga setempat yang kini tinggal di rumah tersebut biasanya melakukan perawatan seperti bebersih atau menata lagi agar lebih rapih. 

Selanjutnya, setelah rumah belanda, di Kampoeng Amsterdam ini ada juga saluran air yang dulunya itu digunakan sebagai pengairan kebun. Saluran ini juga akhirnya dijadikan sebagai spot wisata. Di area saluran air tersebut ada juga balai tempat wisatawan berteduh dan istirahat. 

Jika anda ingin pergi ke tempat ini, tiket masuknya cukup murah, Kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 perorang nya. Letaknya itu berada di kawasan perkebunan teh Dayeuhmanggung. 


0 Komentar :

    Belum ada komentar.

Mungkin anda suka

  • Oleh Infogarut
  • 06, Jun 2024
Bukit Savana Garut, Tegal Malaka