Kopi Wine, Kopi Unik dari Garut


[Illustration : https://id.pinterest.com/pin/945404146752954323/]

Wine dikenal sebagai minuman beralkohol yang berasal dari anggur yang sudah di fermentasi. Lalu apakah itu kopi wine? kopi yang dicampur dengan wine , atau kopi rasa wine atau wine rasa kopi? Kopi wine merujuk pada cara pembuatan kopi yang dimana biji kopinya akan difermentasikan selama 1,5 bulan hingga mengalami pembusukan. Proses fermentasi inilah yang menjadikan kopi ini disebut sebagia kopi wine.

Kopi wine ini dikembangkan oleh para petani kopi dari Garut, biasanya kopi yang digunakan adalah kopi yang berjenis arabika karena biji kopi arabika ini memiliki rasa masam. Selain itu, metode fermantasi biji kopi arabika ini akan menghasilkan rasa yang mirip dengan rasa wine.

Tidak hanya kopi arabika saja yang dapat dijadikan sebagai kopi wine, semua biji kopi dapat dijadikan sebagai kopi wine dengan syarat menggunakan biji kopi yang sudah menjadi ceri dimana ceri ini merujuk pada biji kopi yang sudah matang dan berwarna merah.

Melalui proses fermentasi seperti wine , kopi wine ini memiliki rasa dan aroma yang fruity dan memiliki kandungan asam yang lebih tinggi daripada kopi pada umumnya. Keunikan kopi wine ini menarik perhatian para pencintan kopi untuk mencicipinya sehingga permintaan akan kopi wine-pun tinggi. Saat ini banyak cafe di Garut yang menyediakan kopi wine untuk memenuhi rasa penasaran para wargi yang ingin mencicipi kopi wine

Seperti namanya, kopi wine memiliki harga yang cukup tinggi bila dibandingkan kopi yang tidak melalui proses fermentasi, bubuk kopi wine yag siap seduh ini harganya bisa mencapai 2000.000 rupiah per kilogram-nya, wah sungguh fantastis ya!

 

Sumber : Dikutip dari berbagai sumber


0 Komentar :

    Belum ada komentar.